Belajar dari Viking Batam, Tak Hanya Gila Bola tapi Juga Peduli Sosial

Belajar dari Viking Batam, Tak Hanya Gila Bola tapi Juga Peduli Sosial

Viking Batam (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Viking Persib Club, siapa yang tak kenal dengan suporter sepak bola asal Bandung, Jawa Barat yang satu ini. Suporter yang selalu membuat seisi stadion bergemuruh saat tim kesayangannya bertanding.

Viking sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Satu di antaranya berada di Batam, atau dikenal dengan sebutan Viking Batam.

Viking Batam sendiri resmi berdiri dari tahun 2010 lalu, dan beralamat saat ini di Jl. EngkuPutri, Komplek Nusantara Golden, Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau. 

Saat ini keanggotaannya Viking hampir mencapai seribu orang di Batam. Pembina Viking Batam, Agus Kustiwa mengatakan, terbentuknya Viking Batam sebenarnya sejak tahun 1997. 

Namun pada bulan Februari 2010 lalu baru diresmikan.

"Karena kami dulu sibuk bekerja. Dulu kalau mau ngumpulin orang sunda itu agak susah, karena dulu sibuk dikerjaan masing-masing. Tapi kami di manapun tetap cinta Persib," ujarnya kepada batamnews.co.id (23/7/2018)

Agus menyebutkan Viking Batam ini selain didirikan sebagai bentuk dukungan untuk Persib Bandung, perkumpulan ini juga mereka juga melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya atau berkumpul tak hanya membahas tentang bola.

“Kadang ngadain event pertandingan futsal kecil-kecilan, sering juga ngadain acara sosial seperti ke panti asuhan, kalau ada bencana-bencana yang sifatnya nasional, kami turun  ke jalan,” kata dia.

Agus mengatakan, Viking sebagai salah satu suporter sepakbola sudah dikenal di seluruh dunia. Bahkan dia mengatakan kalau dilihat dari pencarian google, Viking berada diurutan ke tiga sebagai suporter terbaik.

“Ya alhamdulillahlah, karena orang Jawa Barat itu kalau sepak bola sudah tradisi. Bahkan orang Jawa Barat, baru lahir aja sudah “bobotoh” dianya itu,” ucapnya.

Yang lebih hebatnya lagi lanjut Agus, Viking Batam sendiri adalah distrik yang berhasil mengundang pemain Persib untuk datang ke Batam.

“Sudah lima kali kami undang, terakhir tahun 2017 kemaren. Rencananya tahun ini juga,” kata Agus.

(ude)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews