Desa Pangke Barat Karimun Kini Miliki Perpustakaan Dua Lantai

Desa Pangke Barat Karimun Kini Miliki Perpustakaan Dua Lantai

Peresmian perpustakaan baru di Desa Pangke Barat oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq. (Foto: edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau kini memiliki perpustakaan untuk meningkatkan literasi warga.

Perpustakaan dua lantai ini merupakan sumbangan PT Saipem Indonesia Karimun Yard (SIKY) dan diresmikan secara langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Presiden Direktur PT SIKY Alessandro Castagna.

Perpustakaan tersebut diketahui telah dibangun sejak tahun 2020 lalu, dengan tujuan memberikan pendidikan bagi anak-anak setempat.

"Perpustakaan ini pembangunannya dimulai dari tahun 2020 sebagai salah satu program kepedulian sosial PT Saipem terhadap sektor pendidikan di Karimun," kata Alessandro Castagna, Jumat (16/12/2022).

Baca: Brigadir Khairi Sulap Motor Dinas Jadi Perpustakaan Keliling

Alessandro menjelaskan bahwa pihaknya meyakini adanya perpustakaan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya pelajar di Kabupaten Karimun.

"Kami percaya bahwa peningkatan sumber daya manusia dimulai dari adanya perpustakaan ini karena bisa menginspirasi semua orang untuk meningkatkan pengetahuannya," ucap Alessandro.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq, mengapresiasi dengan dibangunnya perpustakaan oleh PT Saipem Indonesia Karimun Yard.

"Dengan terdorongnya dan terfasilitasi sektor pendidikan, tentunya akan menghasilan SDM yang unggul," kata Rafiq.

Baca: Masjid Sultan Mahmud di Batam Kini Punya Perpustakaan

Hal tersebut mengingat perusahaan besar asal Italia itu sangat aktif melakukan pembangunan dan kegiatan-kegiatan sosial yang berdampak positif terhadap masyarakat.

Selain perpustakaan, Bupati juga mengaku senang dengan adanya program kursus bahasa inggris secara gratis, yang sejauh ini mencatat lulusan sebanyak 350 orang pelajar bersertifikasi.

Kemudian adanya pelatihan juru las dan bidang lainnya di gedung workshop desa yang secara rutin dilaksanakan oleh pihak perusahaan.

"Masih banyak program lainnya yang menyentuh masyarakat, pemerintah daerah tentu sangat berterima kasih atas komitmen PT Saipem untuk memperhatikan dan peduli terhadap masyarakat Karimun," ujar Rafiq.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews