Tips Liburan Akhir Tahun Tanpa Takut Kehabisan Uang

Tips Liburan Akhir Tahun Tanpa Takut Kehabisan Uang

Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Momen liburan akhir tahun sudah di depan mata. Sebelum mengajak keluarga bervakansi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Liburan memang jadi agenda yang mengasyikkan bagi keluarga. Namun, liburan juga perlu dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah anggaran. Financial planner Tommy Hilman mengatakan bahwa dana bisa disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing.

"Seandainya tidak ada alokasi dana, jangan nekat liburan yang memakan biaya besar," ujar Tommy dalam sesi HaiBunda Instagram Live, Selasa (13/12/2022).

Oleh karena itu, Tommy menyarankan Anda untuk terlebih dahulu memeriksa keuangan rumah tangga. Jangan sampai memaksakan berlibur tanpa bekal yang cukup.

Tommy mengingatkan, jika empat pilar fondasi keuangan keluarga telah terpenuhi, maka Anda bisa membuat rencana liburan. Keempat pilar tersebut di antaranya jumlah pemasukan yang lebih besar dari pengeluaran, dana darurat dalam rekening terpisah, utang atau tanggungan, dan dana asuransi jiwa untuk setiap anggota keluarga.

"Kalau ternyata banyak yang belum terselesaikan, tidak usah terburu-buru melakukan sesuatu dengan biaya mahal. Alihkan liburan dengan kegiatan yang memakai biaya lebih murah," ujar Tommy.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana tak terduga saat pergi berlibur. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat liburan.

"Kadang-kadang liburan, kan, tidak berjalan mulus, ya. Ada kejadian seperti koper atau uang hilang, sebaiknya ada alokasi dana untuk kejadian tak diduga," ujar Tommy.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews