Dinkes: Ada Puluhan Warga Lingga Terjangkit HIV

Dinkes: Ada Puluhan Warga Lingga Terjangkit HIV

Ilustrasi (Foto: ichef.bbci.co.uk)

Lingga, Batamnews - Puluhan warga Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), dilaporkan mengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Data ini diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular di Dinas Kesehatan (Dinkes) Lingga, Wirawan Trisna Putra. Dia pun mengajak semua pihak untuk berpartisipasi menanggulanginya.

"Total ada 22 penderita HIV," kata dia kepada Batamnews, Selasa (6/12/2022).

Jumlah tersebut kata dia relatif sama dengan tahun 2021 lalu. Penyebabnya kata dia karena HIV/AIDS tidak ada istilah sembuh.

Baca juga: Cara Pelajar di Singkep Peringati Hari AIDS Sedunia 2022

"Relatif sama (dengan tahun lalu). Kalau kemungkinan bertambah iya. Paling kalau berkurang karena ada yang meninggal atau pindah," sebut dia.

Wirawan mengaku, untuk tahun 2021 hingga 2022 ini tidak ada penderita HIV di Lingga yang meninggal dunia.

"Kasus meninggal dunia akibat HIV nihil tahun ini. Tahun lalu tidak ada juga," cetusnya.

Diketahui, penyebaran virus ini melalui beberapa cara, diantaranya menular saat seseorang melakukan hubungan seksual berisiko yakni bergonta-ganti pasangan dan tidak memakai pelindung seperti kondom.

Baca juga: Legislator Lingga Sui Hiok Ungkap Kondisi Miris Jalan Darat Menuju Desa Sekanah

HIV bisa ditularkan dari ibu ke bayi selama kehamilan, proses melahirkan, atau menyusui. Selanjutnya, seseorang berisiko tinggi tertular HIV jika berbagi jarum suntik dengan orang yang mengidap HIV.

Karenanya, disarankan untuk tidak pernah berbagi jarum atau peralatan lain untuk menyuntikkan obat-obatan, hormon, steroid, atau silikon.

Kemudian, seks oral disebut meningkatkan risiko penularan HIV, seperti ejakulasi di mulut saat sariawan, gusi berdarah, atau adanya luka genital.

"Jadi penyebabnya itu bisa hubungan seksual, jarum suntik, tranfusi darah dan dari ibu ke janin," pungkas Wirawan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews