Dear Bumil, Berikut Deretan Makanan yang Bisa Sebabkan Keguguran

Dear Bumil, Berikut Deretan Makanan yang Bisa Sebabkan Keguguran

Nanas menjadi salah satu makanan yang wajib dihindari ibu hamil.

Jakarta, Batamnews - Ibu hamil dianjurkan untuk memperhatikan setiap jenis pangan yang akan dikonsumsi. Soalnya, ada beberapa jenis minuman dan makanan yang bisa memicu keguguran, lho.

Untuk mendukung tumbuh kembang janin serta mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi tubuh, ibu hamil diwajibkan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang.

Namun, ada juga makanan dan minuman yang perlu dihindari oleh ibu hamil karena dinilai kurang baik bagi kehamilan. Beberapa di antaranya bahkan dianggap berbahaya dan dapat menyebabkan keguguran.

Melansir Be Bodywise, berikut makanan yang bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

1. Hati hewan

Hati hewan, seperti ayam dan sapi ternyata bisa memicu keguguran pada kehamilan karena dapat menyebabkan penumpukan retinol di dalam tubuh. Hal ini mengganggu tumbuh kembang bayi di dalam perut.

2. Ikan yang tercemar merkuri

Ikan yang rawan tercemar merkuri, seperti tuna, marlin, dan king makerel sebaiknya dihindari ketika hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Selain itu, merkuri dapat memengaruhi perkembangan otak dan sistem saraf bayi serta meningkatkan risiko cacat mental.

3. Ikan mentah

Ikan yang mentah seperti yang ada di sushi juga sebaiknya dihindari karena rawan terinfeksi bakteri, virus, dan parasit. Salah satunya infeksi listeria yang dapat menyebabkan keguguran.

 

4. Daging olahan dan mentah

Daging olahan dan mentah mengandung bakteri Salmonella, E.coli, dan listeria yang dapat mengancam jiwa bayi, gangguan neurologis yang serius, epilepsi, kebutaan, hingga meninggal ketika dilahirkan.

5. Kepiting

Konsumsi kepiting di awal kehamilan dapat membuat rahim menyusut, pendarahan internal, bahkan membuat bayi meninggal ketika dilahirkan. Selain itu, makan kepiting juga bisa meningkatkan kadar kolesterol ibu hamil.

6. Hidangan laut yang diasap

Makanan yang bisa sebabkan keguguran selanjutnya adalah hidangan laut yang diasap dan didinginkan. Pasalnya, makanan ini mengandung listeria yang bisa menyebabkan keguguran.

7. Lidah buaya

Jus lidah buaya dapat menyebabkan pendarahan di rahim dan panggul yang dapat menimbulkan keguguran. Sebab, lidah buaya mengandung pencahar yang disebut antrakuinon yang bisa menimbulkan kontraksi rahim.

8. Kafein

Konsumsi kafein dalam kadar tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran hingga bayi lahir dengan berat badan rendah.

9. Alkohol

Minum alkohol saat hamil dapat menimbulkan kelainan pada bentuk wajah bayi, cacat intelektual, cacat jantung, dan keguguran atau meninggal saat dilahirkan.

 

10. Nanas dan pepaya

Konsumsi buah nanas mungkin sudah banyak didengar dapat berisiko menimbulkan keguguran, khususnya pada kehamilan di trimester pertama.

Nyatanya, hal ini memang benar karena nanas mengandung bromelain yang bisa menyebabkan kontraksi rahim yang berujung keguguran.

Sementara pepaya mengandung banyak enzim dan nanah yang bisa menyebabkan kontraksi rahim dan kejang. Selain nanas dan pepaya, buah dan sayuran yang tidak dicuci juga berisiko untuk ibu hamil karena rentan terinfeksi bakteri.

11. Rempah-rempah dan ramuan herbal

Rempah-rempah cukup berbahaya bagi kelangsungan hidup bayi di dalam rahim karena memiliki kandungan angelica, asafoetida, dan fenugreek. Ini bisa merangsang kontraksi rahim, pengenceran darah, dan keguguran.

Begitu juga dengan beberapa ramuan herbal karena biasanya mengandung steroid yang bisa mempengaruhi pertumbuhan janin, keguguran, hingga lahir prematur.

12. Susu non-pasteurisasi

Produk susu non-pasteurisasi mengandung bakteri berbahaya, seperti Salmonella dan listeria yang bisa menimbulkan kelainan saraf dan keguguran bagi bayi di dalam rahim.

13. Telur mentah

Makanan yang bisa sebabkan keguguran berikutnya adalah telur mentah karena mengandung Salmonella. Begitu juga dengan makanan yang mengandung telur mentah, seperti mayones.

Itulah sejumlah beberapa makanan yang bisa sebabkan keguguran. Semoga dapat bermanfaat. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews