[Cek Fakta] Viral Tumpukan Map Diduga Berkas Lamaran Job Fair Batam Dibuang

[Cek Fakta] Viral Tumpukan Map Diduga Berkas Lamaran Job Fair Batam Dibuang

Insta Story yang akhirnya viral dan bikin gaduh para pencaker Job Fair Batam. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Beredar video yang menunjukkan sebuah mobil pick-up berplat merah yang mengangkut map yang disebut-sebut berisi berkas lamaran para peserta Job Fair 2022 Kota Batam yang digelar tempo lalu.

Instastory yang diunggah oleh akun @qa***_wp itu kemudian viral, Minggu (20/11/2022). Namun kini tampak sudah dihapus pemilik akun. Hanya saja sejumlah video sama direpost akun media sosial lainnya.

Narasi yang dibuat menyebutkan jika tumpukan map dari Job Fair Batam tersebut hendak dibuang. Video itu diunggah dengan caption "Ini apa miskahh? Lamaran job fair SP mau dibawa kemana".

Baca juga: Problem Pencaker Batam di Job Fair 2022: Banyak yang Tak Berpengalaman

Sontak saja hal itu membuat heboh para peserta job fair. Bagaimana tidak, mereka harus berdesak-desakan saat memasukkan lamaran ketika Job Fair lalu yang digelar di SP Plaza. Bahkan sampai ada yang pingsan.

Publik pun banyak berspekulasi jika berkas lamaran itu akan dibuang begitu saja ke tempat sampah.

Kadisnaker Batam geram, ancam polisikan pemilik akun

Terkait video tersebut, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batam, Rudi Sakyakirti membantah. "Nggak ada itu. Jelas hoaks. Tolong yang menyebar video itu segera dihapus," kata dia, Minggu (22/11/2022).

Baca juga: Apindo Kepri Miris Pencaker Desak-desakan saat Job Fair, Siapkan Platform Online

Rudi tak mengetahui apa yang diangkut oleh mobil plat merah itu. Begitu pun dari mana mobil tersebut berasal.

Dia meminta publik untuk tidak termakan isu yang tak benar. Ditegaskan Rudi, semua lamaran yang masuk di job fair dipastikan sampai ke tiap-tiap perusahaan.

"Tolong yang mengunggah video itu segera mengklarifikasi. Saya tak segan-segan akan menempuh jalur hukum jika tak diklarifikasi," pungkas Rudi.

(jun)
Komentar Via Facebook :