Ketahui Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula di Pagi Hari

Ketahui  Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula di Pagi Hari

Ilustrasi.

Jakarta - Kopi (murni yang digiling dari bijinya, bukan instan dalam kemasan), menurut sebagian orang, adalah salah satu minuman terbaik dibandingkan teh.

Minuman itu diklaim memiliki beragam khasiat kesehatan bagi sejumlah orang.

Hanya saja, khasiat itu bisa didapat hanya jika Anda meminumnya secara polos; kopi hitam hangat tanpa perpaduan komposisi lain, bahkan gula sekalipun.

Para ahli menyarankan agar orang dewasa minum setidaknya dua cangkir kopi hitam setiap hari, yaitu sekali di pagi hari setelah sarapan, dan satu cangkir di malam hari.

Berikut adalah 9 manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang diklaim baik bagi kesehatan --serta 7 efek negatifnya-- seperti dikutip dari Medium, Times of India, dan AARP Amerika Serikat:

1. Membantu daya ingat

Kopi hitam bermanfaat bagi pikiran. Ini membantu otak untuk tetap aktif, yang membantu meningkatkan daya memori. Secara bersamaan, ini juga membantu menjaga saraf tetap aktif, dan karenanya mencegah demensia.

2. Diklaim membantu fungsi kognitif otak

Kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang. Dengan demikian, membuat Anda relatif pintar selama periode waktu tertentu.

3. Membantu membersihkan saluran pencernaan

Kopi adalah minuman diuretik yang membuat Anda ingin sering 'ke belakang'. Karena itu, dengan minum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri dapat dengan mudah ikut terbawa bersama feses yang dibuang.

4. Membantu mengurangi berat badan

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah membantu menurunkan berat badan yang cepat. Minuman ini membantu meningkatkan metabolisme hingga 50 persen, yang membuat Anda lebih banyak berolahraga di gym. Kopi hitam juga membantu membakar lemak di perut.

5. Membantu mencegah penyakit jantung

 

Ketika Anda minum kopi hitam tanpa gula, itu menguntungkan jantung. Kopi mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Dengan demikian mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Menguatkan antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam diklaim memiliki efek antioksidan. Secangkir kopi bisa mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium.

7. Mengurangi risiko diabetes

Minum kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini adalah minuman yang ampuh untuk mengatur insulin yang kelewat batas pada calon penderita diabetes, apalagi jika penyakit itu menurun dalam keluarga.

8. Membantu mencegah kanker

Ucapkan selamat tinggal pada kanker dengan minum dua cangkir kopi hitam tanpa gula. Minuman ini mengandung sifat anti-kanker yang membantu menurunkan risiko kanker kolorektal, dan karenanya dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 40%.

9. Menjaga mood

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap muda. Minum minuman ini dua kali sehari, bisa mencegah penyakit Parkinson. Karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Dopamin juga dapat secara efektif meningkatkan suasana hati Anda. Ini juga merupakan obat terbaik untuk mencegah depresi.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews