Tips Sukses Melamar Kerja via Job Fair, Ini yang Harus Dipersiapkan

Tips Sukses Melamar Kerja via Job Fair, Ini yang Harus Dipersiapkan

Kolase foto antrean pelamar kerja memadati Job Fair Batam 2022 di SP Plaza, Sagulung, Selasa pagi. (Foto: netizen untuk batamnews)

Batam, Batamnews - Job Fair Batam 2022 di SP Plaza, Sagulung, Batam, Kepulauan Riau menarik minat ribuan pencari kerja. Ribuan lowongan kerja tersedia dari puluhan perusahaan dalam job fair ini.

Dari ribuan lowongan yang tersedia ini, tentunya akan diperebutkan beberapa kali lipat jumlah pencari kerja. 

Bahkan, pada hari pertama job fair, Disnaker Batam menyebut ada 161 ribu lebih pencaker yang hadir.

Baca: Perjuangan Pelamar di Job Fair Batam 2022, Antre Sejak Pukul 6 Pagi Demi Daftar Kerja

Karena adanya persaingan yang begitu ketat inilah, pencaker perlu mempersiapkan beberapa hal ini agar bisa lolos dan mendapatkan pekerjaan impian.

Berikut 5 tips ikut job fair agar bisa diterima kerja dalam job fair:

1. Cari tahu dan pelajari perusahaan apa saja yang akan hadir

Langkah pertama adalah cari tahu kapan dan dimana lokasi job fair akan diadakan, jangan sampai salah hari atau terlambat mengikutinya. Kemudian pelajari tiap perusahaan yang akan menghadiri acara tersebut. Kemudian tentukan perusahaan mana yang akan dijadikan target melamar.

2. Buat CV dan resume sesuai posisi yang akan dilamar

Buat dan perbarui cv beserta resume yang Anda punya agar dapat meningkatkan kesan profesional. Jangan lupa untuk membuat cv dengan berbagai format berbeda yang kamu sesuaikan dengan bidang dan perusahaan yang Anda lamar. 

Selanjutnya berlatih wawancara...

 

3. Berlatih wawancara

Latihlah kemampuan berkomunikasi dan jangan lupa untuk berlatih wawancara sederhana. Persiapkan jawaban-jawaban yang mungkin nantinya akan ditanyakan oleh perekrut. Pastikan untuk menjawab secara tegas dan tunjukkan kesan semangat dan antusias.

4. Siapkan berkas-berkas pendukung

Siapkan berkas-berkas pendukung yang biasanya dibutuhkan dalam melamar kerja seperti fotokopi ijzah terakhir, fotokopi transkip nilai, fotokopi KTP, fotokopi sertifikat atau surat-surat pendukung keahlian, dan portofolio jika Anda melamar pada posisi seperti desain grafis atau posisi-posisi yang membutuhkan kreativitas.

Baca: Hari Kedua Job Fair Batam: Ribuan Pencari Kerja Serbu SP Plaza

5. Jaga kesehatan dan teruslah berdoa

Jaga kesehatan menjelang wawancara dan jangan lupa untuk memanjatkan doa pada Tuhan agar apa yang dikerjakan bernilai berkah dan dimudahkan dalam setiap prosesnya. 

Lakukakan lima hal di atas agar Anda bisa sukses mengikuti job fair dan mendapatkan posisi pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews