7 Sayuran Terbaik untuk Penderita Jantung

7 Sayuran Terbaik untuk Penderita Jantung

Ilustrasi brokoli. (Foto: livestrong.com)

Jakarta, Batamnews - Pola makan turut berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Ada beberapa makanan untuk kesehatan jantung yang bisa dikonsumsi, termasuk salah satunya sayuran. Ada banyak sayuran untuk penderita jantung. Utamanya sayuran berwarna hijau.

Mengutip Eat This, Not That, sebuah meta analisis yang dipublikasikan dalam JRSM Cardiovascular Disease menemukan bahwa salah satu sayuran terbaik untuk penyakit jantung adalah sayuran berdaun hijau dan sayuran silang.

Sayuran ini mengandung serat, antioksidan, dan potasium yang baik. Bayam, misalnya, tinggi akan vitamin A, K, C, zat besi, dan folat. Sementara kangkung kaya akan vitamin B, C, dan kalsium.

Peneliti mempelajari 13 studi yang menyelidiki hubungan antara sayuran hijau dan berbagai kejadian kardiovaskular. Hasilnya, konsumsi sayuran hijau lebih banyak dapat mengurangi risiko kejadian kardiovaskular hingga 16 persen.

Penelitian ini juga menemukan bahwa manfaat yang didapat akan lebih maksimal jika Anda mengolah sayuran hijau dengan cara mengukusnya.

Lantas, apa saja sayuran untuk penderita jantung? Berikut beberapa sayuran hijau yang bisa jadi pilihan.

1. Kale

Kale dikenal sebagai superfood. Makanan satu ini punya nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Utamanya adalah nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah.

Mengutip Health Central, nitrat dari tanaman akan berubah menjadi oksida nitrat yang melebarkan pembuluh darah dan membuka arteri. Hasilnya, lebih banyak darah kaya oksigen yang bergerak menuju otot jantung.

 

2. Bayam

Bayam kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi penting. Bayam juga kaya akan potasium. Jumlah potasium pada bayam bahkan lebih tinggi daripada yang ditemukan pada pisang. American Heart Association mencatat, potasium membantu meredakan stres pada dinding pembuluh darah.

Selain itu, potasium juga berperan membantu membuang kelebihan sodium yang bisa meningkatkan retensi cairan di dalam tubuh. Dengan begitu, jantung tak perlu bekerja lebih keras.

3. Daun Swiss chard

Swiss chard dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian dan memberikan berbagai nutrisi penting untuk kesehatan otak, tulang, serta jantung.

Kadar vitamin K yang rendah sendiri terkait dengan peningkatan kalsifikasi di arteri yang membuatnya kaku. Asupan vitamin K yang baik membuat arteri tetap fleksibel dan menjaga tekanan darah tetap terkendali.

4. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, vitamin E, dan senyawa antioksidan. Saat dikonsumsi, antioksidan dapat menekan risiko kejadian kardiovaskular dengan melawan paparan radikal bebas yang merusak sel.

5. Kubis Brussel

Kubis Brussel sarat dengan kandungan folat, nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan jantung. Folat bekerja dengan cara menurunkan asam amino bernama homosistein.

Homosistein yang tinggi dapat merusak lapisan pembuluh darah dan meningkatkan risiko pembekuan darah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko stroke dan kejadian kardiovaskular lainnya.

 

6. Pakcoy

Tak cuma bersifat antikanker, pakcoy bahkan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Kubis putih asal China ini mengandung folat, banyak vitamin, dan kaya kalsium.

7. Buncis

Buncis kaya akan serat dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Buncis jadi salah satu sayuran untuk penderita jantung yang bisa dijadikan pilihan.

Tak cuma itu, buncis juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, B, C, serta senyawa yang disebut lutein.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension, vitamin A dipercaya dapat membantu melawan peradangan dan mencegah hipertensi melalui sifat antioksidannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews