Perdagangan Internasional, Prodi Baru ITEBA Siap Cetak SDM Andal untuk Industri

Perdagangan Internasional, Prodi Baru ITEBA Siap Cetak SDM Andal untuk Industri

Aktivitas perkuliahan di Institut Teknologi Batam. (ITEBA).

Batam, Batamnews - Institut Teknologi Batam (ITEBA) di Kota Batam, Kepulauan Riau mengembangkan program studi (prodi) baru yaitu Perdagangan Internasional. 

Prodi baru ini merupakan bagian dari manajemen bisnis yang mendapat izin pembukaan program sarjana ITEBA dari Kemendikbudristek RI. 

Dosen Perdagangan Internasional ITEBA, Dely Indah Sari mengatakan lahirnya prodi Perdagangan Internasional (PI) ITEBA merupakan kerjasama antara ITEBA dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Dengan begitu kehadiran prodi PI memberikan warna baru bagi ITEBA.

“Sudah ada 6 prodi yang sudah eksis sejak tahun 2018, dan sekarang bertambah prodi Perdagangan Internasional,” katanya, Selasa (25/10/2022). 

Adapun prodi lainnya yaitu: desain komunikasi visual, teknik komputer, sistem informasi, matematika, manajemen rekayasa, dan teknik industri. 

Dengan berbagai prodi tersebut, dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas sumber daya manusia di bidang ilmu sains, teknologi, engineering dan matematika (STEM). 

“Oleh karena itu pendirian Institut Teknologi ini disertai dengan nama yang sesuai dengan keutamaan bidang ilmu yang akan dikembangkan,” ujarnya. 

Dely menyampaikan, dengan bertambahnya prodi Perdagangan Internasional ITEBA dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk diserap oleh industri, terutama dalam bidang ekspor dan impor. 

Prodi perdagangan internasional tersebut di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri, dan mulai melaksanakan perkuliahan pertama kali di tahun akademik 2022/2023.

“Prodi PI akan menjadi sangat menarik karena Batam sendiri memiliki keunikan akan geografis yaitu berada di wilayah lautan sebelah utara selat singapura hal ini menjadi penanda perbatasan Batam dan Singapura,” kata dia. 

Selain itu, BP Batam yang memiliki program dalam mengelola investasi yaitu lalu lintas barang dari perdagangan jalur laut untuk melakukan investasi. Hal ini akan berintegrasi antara tujuan dari prodi Perdagangan Internasional dan BP Batam.

Dengan kelebihan mulai dari letak geografis dengan didukung oleh kurikulum yang sesuai serta kebutuhan industri, ditambah lagi dosen-dosen yang berasal dari PTN/PTS ternama dari dalam dan luar negeri serta fasilitas green kampus dapat memberikan kenyamanan bagi mahasiswa untuk berbagi ilmu pengetahuan dapat menciptakan atmosfir pembelajaran yang kondusif bagi mahasiswa. 

Dely menambahkan, bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke ITEBA, pihak kampus tidak memungut biaya pendaftaran dan biaya tes. Selain igu juga tersedia beasiswa akademik dan non akademik. 

“Pendaftaran dan Informasi dapat langsung menghubungi ke Admin Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus ITEBA, atau dapat juga melalui Nomor Whatsapp Admin ke : +62 822-1000-3267,” katanya. 

ITEBA merupakan suatu perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan pendidikan tinggi yang terdiri atas pendidikan akademik dan pendidikan profesional. ITEBA didirikan oleh Yayasan Vitka bekerjasama dengan ITB , dengan SK Izin Pendirian dari KEMENRISTEKDIKTI Nomor 601/KPT/I/2017.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews