Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Kepri Pekan Ini

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Kepri Pekan Ini

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Hujan diprakirakan terus mengguyur hampir semua kawasan di Provinsi Kepulauan Riau dalam beberapa pekan ke depan.

Kepala Badan Meteoroligi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menganalisa dinamika atmosfer terkini menunjukkan sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta pelembatan kecepatan angin. Hal ini yang meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan.

Baca juga: BMKG Prakirakan Batam Diguyur Hujan hingga Malam 

"Kemudian terdapat  aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," ujarnya dalam keterangan tertulis dilihat Batamnews, Minggu (9/10/2022).

BMKG memprediksi curah hujan dengan intensits sedang hingga lebat dan angin kencang akan terjadi pada periode 9 Oktober hingga 15 Oktober 2022. Hal ini terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kepri.

Baca juga: BMKG Berikan Ilmu Modern Bagi Puluhan Nelayan Natuna Hadapi Cuaca di Laut

Potensi gelombang tinggi juga diprakirakan BMKG terjadi 8 Oktober-14 Oktober 2022 di perairan Kepri. Laut Natuna misalnya, ketinggian gelombang bisa mencapai 2.5 hingga 4.0 Meter. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews