Pengamat Ungkap Sosok Ini Pantas Gantikan Shin Tae-yong di Timnas U-23

Pengamat Ungkap Sosok Ini Pantas Gantikan Shin Tae-yong di Timnas U-23

Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Curacao, Selasa (27/9/2022) (Foto: Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jakarta, Batamnews - Mantan pemain Timnas Indonesia sekaligus pengamat sepakbola nasional, Supriyino menyebut bahwa sosok Bima Sakti pantas menggantikan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas U-23.

Bima Sakti dinilai punya kapasitas yang cukup untuk promosi ke kelompok umur yang lebih tinggi. Pengalaman menjadi asisten Luis Milla selama 18 bulan dan gelar Piala AFF U-16 2022 menjadi dua alasannya.

"Kalau saya, bukan karena Bima Sakti kawan saya, kapten saya, teman sekamar (di Timnas Indonesia), bukan. Tapi dari tiga nama itu saya condong ke coach Bima. Dia sudah pernah jadi asisten Luis Milla, terus juara dengan Timnas U-16," kata Supriyono melansir CNNIndonesia.com.

Baca juga: Timnas Indonesia Naik 21 Peringkat FIFA di Tangan Shin Tae-yong

Saat ditanya pendapat soal kemungkinan Nova Arianto jika ditunjuk Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia U-23, Supriyono menilai Nova belum bisa jadi pilihan yang tepat.

Menurutnya ekspektasi suporter Indonesia terhadap penampilan di SEA Games 2023 akan sangat tinggi. Untuk itu ia menilai butuh sosok pelatih yang memiliki pengalaman lebih banyak.

"Nova sejauh ini baru menjadi asisten (di Timnas Indonesia). Apalagi ini SEA Games otomatis ekspektasi tinggi, apalagi kita sudah lama tidak memenangkan medali emas SEA Games," ujarnya.

Supriyono juga berpendapat Indra Sjafri tidak akan maksimal melatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 karena sibuk dengan tanggung jawab lain. Saat ini Indra sedang menjabat posisi Direktur Teknik PSSI.

Baca juga: Termasuk Paraguay, Ini Sederet Tim Top Calon Lawan Timnas Indonesia Berikutnya di FIFA Matchday

"Kalau coach Indra, masak sih turun lagi jadi pelatih? Kalau pengalaman memang iya. Tapi jabatan dia sekarang direktur teknik, masak turun gunung?" ucap Supriyono.

Sebelumnya PSSI berencana mencari pelatih baru untuk mengisi posisi di Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di SEA Games 2023 di Kamboja.

SEA Games 2023 akan berlangsung pada 5-16 Mei. Empat hari setelah penyelenggaraan ajang multicabang tersebut, ada Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Shin Tae-yong dinilai akan terlampau sibuk jika menangani Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia U-20 sekaligus.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews