Pengakuan Dena "Renaldy" Rachman Setelah Berubah Jadi Perempuan

Pengakuan Dena "Renaldy" Rachman Setelah Berubah Jadi Perempuan

Dena Rachman (wowkeren)

BATAMNEWS.CO.ID - Mantan artis cilik Renaldy Denada Rachman (pria) melakukan operasi jenis kelamin jadi perempuan. Setelah melakukan transgender, ia mengganti namanya menjadi Dena Rachman.

Dena mengaku, perubahan dirinya adalah hal yang terbaik. Ia sudah merasa tidak nyaman dengan dirinya yang terlahir sebagai laki-laki sejak kecil. Saat ia duduk di bangku SMP pun ia sudah berniat menjadi perempuan. Namun ia baru mewujudkan keinginannya itu setelah selesai menempuh kuliah S1.

"Alhamdulillah karena aku jadi diri sendiri, aku jujur kepada setiap orang-orang, akhirnya mereka mungkin ada pro dan kontra. Namun yang menganggap ini sebuah inspirasi juga banyak sekali. Bahkan mungkin menurut aku ini yang paling indah," ucapnya.

Utuk beubah jadi perempuan, Dena menunggu waktu cukup lamma. Hal ini karena saat itu ia masih belum memiliki modal yang cukup. Ia merasa perlu memiliki persiapan untuk masa depannya, saat ia memutuskan untuk menjadi transgender.

"Kenapa nunggu lama, karena aku sadar aku harus punya capital, punya modal ketika aku bilang terus terang, dan jujur. Aku harus sudah prepare kalau mereka nanya, what are you going to do with your future, karena mereka merasa mau nggak mau, kita ini hidup kan nggak sendiri," kata Dena.

Apalagi, ia sadar keluarganya pasti akan berpikiran bahwa hidup di Indonesia ini masih susah bagi seorang transgender. "Karena kita sosianormatif, banyak norma yang harus dituruti," ucap mantan penyanyi cilik ini.

Dena pun harus mempersiapkan jawaban untuk keluarganya. Ia juga meyakinkan kelurganya bahwa ia tetap survive meski menjadi transgender.

"Aku bilang, tenang aja, Pa, Ma, pilihan hidup aku ini nggak akan menyerang aku. Justru aku bilang mudah-mudahan ini bisa menjadi suatu positive trait, dan ternyata benar," ujarnya.

Sumber: Liputan6

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews