Tips

Mau Kredit Motor? Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Memilih Leasing

Mau Kredit Motor? Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Memilih Leasing

Ilustrasi sepeda motor. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Untuk menghindari kerugian saat mengambil motor secara kredit, maka Anda dituntut mengenali perusahaan leasing yang bekerjasama dengan dealer resmi motor di tempat Anda akan membeli motor tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda memilih perusahaan leasing sebelum mulai membeli motor secara kredit:

1. Pilih perusahaan leasing yang memiliki reputasi yang cukup baik

Tips pertama untuk memilih perusahaan leasing adalah dengan memastikan reputasi baiknya di masyarakat. Bagaimana cara untuk bisa memastikan perusahaan leasing tersebut memiliki reputasi yang baik? Anda bisa mencari dan memastikannya dengan mengenali tanda-tandanya. Biasanya leasing yang memiliki reputasi yang baik adalah perusahaan leasing tersebut memiliki cabang yang cukup banyak. Selain itu reputasi ini bisa dilihat dari popularitas namanya serta testimoni atau pernyataan yang baik dari banyak orang atau masyarakat.

2. Perhatikan di mana kantor terdekat leasing tersebut dengan lokasi Anda

Semakin dekat kantor leasing dengan rumah Anda, maka semakin menguntungkan pula bagi Anda sebagai pengaju kredit motor. Mengapa demikian? Selain Anda bisa mengirit ongkos kendaraan, Anda juga akan semakin mudah untuk mengakses untuk datang dan bertanya langsung apabila Anda memiliki kesulitan pada kredit motor  Anda. Dengan jarak yang dekat, Anda juga akan dimudahkan untuk mengambil BPKB di tempat leasing saat masa kredit Anda telah selesai. Pada saat masa kredit selesai, Anda memang diharuskan datang langsung ke kantor leasing untuk mengambil BPKB. Nah jika jarak rumah Anda dekat dengan tempat leasing tentu akan sangat nyaman untuk Anda kan.

3. Sesuaikan penawaran dengan kebutuhan dan kemampuan Anda

Dengan semakin sengitnya persaingan antar perusahaan leasing yang bermunculan, tak ayal bila diantara perusahaan leasing tersebut ada yang kemudian menawarkan kredit dengan DP cicilan yang cukup rendah dan bersaing. Nah dari sini Anda seharusnya bisa cermat dan jeli. Harga yang cukup menggiurkan tersebut bisa jadi di kemudian hari akan merugikan Anda jika ternyata Anda tidak cukup pandai menghitung besarnya cicilan dan waktu pelunasan kredit motor Anda.

Maka dari itu sebelum menyetujui tawaran yang diberikan oleh dealer yang bersangkutan, ada baiknya Anda bertanya mengenai jenis motor, jumlah cicilan dan bunganya, serta lamanya waktu cicilan yang dianjurkan oleh dealer tersebut. Jangan lupa juga sesuaikan dengan tanggal pembayaran cicilan motor Anda dengan kesanggupan Anda untuk membayarnya setiap bulan.

4. Pastikan Cara pembayaran yang ditawarkan cocok dengan kondisi Anda

Dealer dan perusahaan leasing yang baik biasanya akan memberikan beragam fitur dan kemudahan dalam pembayarannya. Untuk bisa mendapatkan hal ini Anda dapat bertanya mengenai sistem pembayarannya, apakah cukup fleksibel dan dapat diakses melalui ATM, jasa pos, atau bank lain. Jangan lupa juga untuk menanyakan tentang tingkat konsekuensi yang harus Anda bayarkan ketika terjadi keterlambatan membayar angsuran. Agar lebih memudahkan Anda, usahakan agar Anda mencari sistem pembayaran cicilan dengan bunga yang lebih rendah dan denda yang cukup ringan untuk mengantisipasi ketika Anda terpaksa harus terlambat dalam membayar cicilan karena berbagai hal yang mendesak.

5. Tanyakan Asuransi Apa yang Anda Dapat Semasa Kredit Anda

Terakhir, tips untuk memilih perusahaan leasing yang tepat adalah dengan menanyakan asuransi yang bisa didapat. Asuransi memang sesuatu yang penting untuk Anda dan motor Anda. Maka dari itu Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan asuransi yang tepat untuk mengcover Anda selama masa kredit. Jangan lupa tanyakan juga cara klaim dan dimana Anda harus klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti perampokan atau kehilangan. Bila leasing memiliki hal-hal yang ada di atas, maka bisa dipastikan leasing tersebut tepat dan cocok untuk Anda pilih.
 
(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews