Menyesal Suntik Silikon, Mpok Atiek: Awalnya Cantik, Lama-lama Kayak Nenek Sihir

Menyesal Suntik Silikon, Mpok Atiek: Awalnya Cantik, Lama-lama Kayak Nenek Sihir

Mpok Atiek. (Foto: Alfadillah/kumparan)

Jakarta - Suntik silikon untuk kecantikan melahirkan penyesalan bagi komedian Betawi, Atiek Riwayati atau yang akrab disapa Mpok Atiek.

Pada rentang tahun 1990 hingga 2010, Mpok Atiek berkali-kali suntik silikon. 

Awalnya, ia ditawari teman dan kemudian tertarik lantaran dibayari alias gratis. 

"Ya, namanya gretong (gratis). Ya, maulah. Datanglah ke rumahnya. Kan, kita enggak tahu kalau itu bukan dokter. Enggak tahunya dari salon. Suntiklah semuanya, dari hidung semua, bibir semua," ucapnya ketika menjadi bintang tamu dalam acara televisi Pagi-pagi Ambyar.

Setelah tak lagi menjalani suntik silikon, lama-kelamaan wajah Mpok Atiek berubah. Kulit mukanya turun.

"Tahun 2015, sudah kayak nenek sihir. Ini (pipi) turun semua. Ini (dagu) turun. Yang ininya (ujung hidung) sudah di sini (atas bibir). Terus, mata yang tadinya disuntik di sini (dahi), mungkin dia turun ke kelopak mata. Jadi, kalau melihat, agak begini (mata tertutup)," bebernya.

Mpok Atiek kemudian berkonsultasi dengan dokter. Pada akhirnya, atas saran dokter, ia menjalani hingga 21 kali operasi dalam rentang tahun 2015 hingga 2018 untuk mengangkat silikon di wajah.

"Setelah teman-teman bilang, 'Muka lu aneh.' Itu sudah memble semua, tuh. Sudah turun semua. 'Maaf, Mpok, muka lu kayak nenek sihir. Lu konsultasi ke dokter, deh. Kayaknya bisa kanker.' Singkat cerita, konsultasilah ke dokter, 'Oh, iya, ini harus dibuang. Kalau enggak, bisa kanker di muka," tutur Mpok Atiek.

Diakui Mpok Atiek, jika waktu dapat diputar kembali, ia tak bakal mau melakukan suntik silikon, terlebih tak ditangani langsung oleh dokter. Aktris berusia 66 tahun tersebut berkisah, dirinya sempat sampai enggan becermin lantaran wajahnya tampak menyeramkan.

"Sampai enggak berani... Awalnya, sih, cantik, cantik banget. Lama-lama, enggak berani lihat, enggak berani ngaca, karena kayak nenek sihir, seram," ungkapnya.

Mpok Atiek terang-terangan mengaku menyesal dulu berkali-kali mempercantik wajah dengan suntik silikon. Ia pun berpesan kepada para perempuan agar tak mengikuti jejaknya.

"Ya, nyesellah pasti," ucapnya.

"(Menyesal) banget. Pokoknya, untuk semua wanita Indonesia, waduh, kalau memang mau cantik, yang pasti-pasti aja, ke dokter. Jangan suntik-suntik silikon, cair pula," pungkas Mpok Atiek.


Berita Terkait