Semarak HUT ke-77 RI, Tokoh Masyarakat Pulau di Batam Dukung Perlombaan Bahari

Semarak HUT ke-77 RI, Tokoh Masyarakat Pulau di Batam Dukung Perlombaan Bahari

Camat Belakangpadang dan tokoh masyarakat pulau terluar Hasyim melepas start lomba Boat Race di Perairan Belakangpadang Batam. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam, Batamnews - Perlombaan boat race turut memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia (RI) di Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam. Perlombaan ini dilaksanakan selama dua hari, 16-17 Agutus 2022.

 

Pada puncak kemeriahan HUT ke-77 RI, final perlombaan Boat Race menjadi tontonan para warga pulau Belakangpadang dan juga para pengunjung ke pulau tersebut. Bahkan para penonton dari Malaysia dan Singapura juga turut hadir.

Perlombaan Boat Race tersebut, didukung langsung oleh tokoh masyarakat pesisir pulau Batam, Hasyim. Tak tanggung-tanggung, Ia memberikan dukungan dengan memfasilitasi seluruh kapal yang digunakan peserta untuk berlomba dalam kegiatan itu.

Hasyim mengaku menjadi sponsor utama kegiatan pesta rakyat di Belakangpadang. Dalam perlombaan Boat Race, ada belasan kapal yang siap beradu cepat untuk memperebutkan hadiah dan Tropy kemerdekaan.

Hasyim mengatakan, perlombaan ini digelar dalam sempena menyemarakkan hari kemerdekaan.

“Kita ingin momen hari kemerdekaan ini bisa dirasakan semua kalangan masyarakat. Tak hanya di pusat kota, masyarakat di pesisir pulau pun dapat merasakan perlombaan-perlombaan hari kemerdekaan ini,” ujarnya

Sebagai tokoh masyarakat pulau, Hasyim mengaku punya peran serta untuk mendukung penuh kegiatan kegiatan perlombaan agar semarak kemerdekaan ini betul-betul dirasakan masyarakat pulau.

Dalam final tersebut, ada dua grup yang berlomba. Satu grup terdiri dari enam kapal Speed Boat.

Didampingi Camat Belakang Padang, Yudi Admadji perlombaan Boat Race itu dilepas secara resmi.

“Para peserta, bersiap. Dengarkan abah-aba-aba, oke,” ujar Hasyim, selaku panitia sembari menyebutkan satu persatu nama lumbung kapal peserta lomba.

Ia mengangkat langsung bendera start perlombaan. Masing-masing kapal pun langsung melesat cepat menuju garis finish. Jaraknya tak jauh dari dermaga Pelabuhan Pancung Belakang Padang.

Camat Belakang Padang, Yudi Admadji menyebutkan perlombaan Boat Race ini merupakan salah satu rangkaian semarak kemerdekaan.

“Jadi perlombaan kita tak hanya perahu layar. Ada banyak, termasuk lomba kapal Speed Boat yang baru kita saksikan tadi,” ujarnya

Ia mengatakan perlombaan Boat Race ini bukanlah permainan rakyat tradisional melainkan permainan rakyat zaman modern.

“Iya, Alhamdullillah pelaksanaan perlombaan semarak kemerdekaan tahun ini berlangsung meriah dan semua berjalan lancar,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews