Salman Rushdie, Penulis Ayat-ayat Setan Luka Parah Usai Ditikam

Salman Rushdie, Penulis Ayat-ayat Setan Luka Parah Usai Ditikam

Salman Rushdie. (Foto: via CNN Indonesia)

New York - Penulis buku Ayat-ayat Setan atau 'The Satanic Verses', Salman Rushdie mengalami luka serius setelah ditikam seseorang di New York, Amerika Serikat.

Mengutip Reuters, Sabtu (13/8/2022), Salman harus menjalani perawatan menggunakan ventilator dan satu matanya dimungkinkan buta akibat peristiwa ini.

Agennya Andrew Wylie mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis kepada Reuters bahwa penulis tidak dapat berbicara dan saraf di lengannya terputus.

"Kabar buruk. Salman mungkin akan kehilangan mata, saraf di lengannya putus, dan jantungnya rusak karena penusukan," kata Wylie.

Tersangka Hadi Matar, 24, dari New Jersey, ditangkap setelah diduga menyerbu panggung dan menikam penulis buku itu, setidaknya sekali di leher dan perut.

Salman terluka setelah ditikam di atas panggung di sebuah acara sastra di Institut Chautauqua di New York pada hari Jumat (12/8/2022).

Polisi masih mengidentifikasi motif penyerangan dan meyakini tersangka bertindak sendiri.

Salman menerima ancaman sejak akhir 1980-an ketika pemimpin agama Iran Ayatollah Khomeini mengeluarkan hukuman mati terhadapnya, menyusul penerbitan buku yang menghina Islam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews