Cuaca di Batam Panas Terik Sepekan Terakhir, Suhu 31 Derajat Celsius

Cuaca di Batam Panas Terik Sepekan Terakhir, Suhu 31 Derajat Celsius

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Sudah hampir kurang lebih sepekan terakhir kondisi cuaca di Kota Batam, Kepulauan Riau, panas terik.

Dari keterangan BMKG, saat ini suhu panas di Batam mencapai 31,3 derajat. Namun masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang.

"Suhu panas pada 31,3 derajat celcius. untuk kondisi cuaca saat ini dominan cerah berawan tetapi tetap berpotensi hujan sifatnya lokal atau tidak merata," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, Rabu (10/8/2022).

Dijelaskan dia, panas terik diakibatkan kelembapan udara lapisan atas yang relatif rendah serta kecepatan angin yang cukup kuat kurang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepri.

"Secara umum, cuaca esok hari (11/8) juga diperkirakan cerah berawan. Namun masih berpotensi hujan masih berpotensi hujan lokal dengan intensitas ringan pada pagi dan siang hari," katanya 

Batam, lanjutnya, berada di bawah garis katulistiwa sehingga mempunyai tipe hujan equatorial dimana hampir terjadi hujan setiap bulannya. Hanya saja ada musim penghujan di bulan-bulan tertentu.

"Contoh bulan Mei, November dan Desember itu masuk dalam bulan basah atau banyak hujan. Kalau bulan yang sedikit hujan itu pada Februari," tutupnya.

(jun)
Komentar Via Facebook :