Lima Kades Terpilih di Karimun Dilantik, Ini Pesan Bupati

Lima Kades Terpilih di Karimun Dilantik, Ini Pesan Bupati

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyaksikan penandatanganan naskah pelantikan lima kades terpilih. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Bupati Karimun Aunur Rafiq resmi melantik sebanyak lima kepala desa (kades) terpilih dari Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) untuk periode tahun 2022-2027.

Adapun lima kades yang dilantik di Gedung Nasional Karimun itu, diantaranya ialah Sanuri sebagai Kades Pangke, Kazman sebagai Kades Tulang, Ruzli sebagai Kades Selat Mendaun, Ramli sebagai Kades Tanjungbatu Kecil dan Jamal Kades Antar Waktu Desa Pongkar.

"Selama proses pilkades tahun ini berjalan dengan baik dan kondusif, bagi kades yang sudah dilantik selamat menjalankan tugas untuk memajukan desanya," kata Rafiq, Selasa (8/8/2022).

Orang nomor satu di Karimun ini kemudian menyampaikan sejumlah pesan khusus kepada para kades yang baru dilantik tersebut.

Dimana, kepala desa selama menjalankan tugasnya bisa bekerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakatnya dengan baik.

"Kades harus bekerjasama dengan baik seperti dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) bersama BPD dan masyarakat bagaimana bisa sejalan untuk pembangunan desa yang lebih baik," ujar Rafiq.

Ia juga meminta dengan tegas agar Kades bisa menghilangkan euforia kemenangan atas nama suatu kelompok melainkan membaur dan menyatu dengan masyarakat.

"Tidak ada kelompok-kelompok, usai dilantik kades adalah milik semua masyarakat desa. Untuk itu kades harus mampu merangkul semuanya,” kata Rafiq.

Kades harus bisa inovatif, kreatif dan transparansi selama menjalankan tugasnya serta mampu menggunakan Dana Desa dan alokasi Dana Desa dari APBD Karimun dengan sebaik-baiknya.

Namun, penyerapan anggaran sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, agar terhindar dari jeratan pidana.

"Pemerintah daerah dan aparat penegak hukum akan terus memberikan pendampingan agar penggunaan dana desa bisa tepat sasaran," ujar Rafiq.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews