Setelah PayPal, Kominfo Buka Blokir Yahoo, Steam, CS GO, dan Dota

Setelah PayPal, Kominfo Buka Blokir Yahoo, Steam, CS GO, dan Dota

ilustrasi

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA). 

Dengan begitu, akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut sudah tak diblokir lagi sejak pukul 08.30 WIB hari ini.

"Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi dalam keterangannya, Selasa (2/8/2022).

Dedy juga mengatakan, Kementerian Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. 

Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. "Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat" jelas dia.

Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya jemput bola menghubungi kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Tujuannya untuk membantu komunikasi dengan platform digital yang belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), seperti PayPal, Steam, Dota, CS Go, Yahoo, Origin.com dan Epicgames.

Sebelumnya, Kementerian Kominfo menuntut seluruh platform digital baik lokal maupun global harus terdaftar. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permen Kominfo) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 (Permenkominfo 5/2020) tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan kesempatan bagi pengguna PayPal untuk memindahkan dananya ke sistem pembayaran lain di Indonesia. Hal itu disampikan Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

“Kami sudah membuka sementara pagi tadi. Pembukaan pemblokiran sementara ini dilakukan sampai lima hari kerja ke depan. Hari kerja dimulai Senin sampai dengan Jumat pekan depan,” kata pria yang akrab disapa Semmy ini saat konferensi pers virtual, Minggu (31/7).

Masyarakat khususnya pengguna PayPal, kata dia, diharapkan dapat memanfaatkan pembukaan sementara untuk bisa memindahkan dananya.

“Mudah-mudahan ini cukup waktunya,” jelas Semmy.

(fox)