Tips Hindari Penipuan Berkedok Lowongan Pekerjaan

Tips Hindari Penipuan Berkedok Lowongan Pekerjaan

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Banyak informasi lowongan kerja (loker) yang tersebar dan mudah didapat di era teknologi sekarang ini. Kehadiran internet memungkinkan siapa pun menjelajah dan melakukan pencarian lowongan kerja dengan lebih cepat dan efektif.

Namun bagai pisau bermata dua, kemudahan ini juga dimanfaatkan oknum jahat untuk melakukan penipuan yang berkedok lowongan kerja. Para pelaku melancarkan aksinya dengan mengatasnamakan perusahaan besar untuk menarik korban.

Merespons hal ini, Head of Recruitment Tokopedia, Lita Rosalia menyampaikan beberapa tips agar terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan, terutama yang mengatasnamakan Tokopedia.

Berikut beberapa tipsnya:

1. Pastikan posisi ada di kanal resmi

Jika menerima tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan Tokopedia, kamu harus pastikan posisi-posisi yang ditawarkan ada di kanal resmi Tokopedia. Kamu bisa mengecek hal tersebut lewat seperti website Tokopedia Careers. Instagram dengan handle @InsideTokopedia atau LinkedIn Tokopedia.

2. Perhatikan alamat pengirim email

Pastikan alamat email pengirim. Lita menjelaskan, domain email Tokopedia yang resmi hanyalah @tokopedia.com.

"Harap waspada apabila menerima email dari domain lain, seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain karena itu pasti bukan dari Tokopedia," ucap Lita Rosalia, Head of Recruitment Tokopedia.

3. Hati-hati link phising

Saat menerima pesan dari perekrut, baik melalui email, SMS, WhatsApp atau kanal lainnya, kamu harus berhati-hati terhadap link penipuan atau phising. Jangan asal klik link yang diterima, apalagi jika perekrut mengatasnamakan pihak Tokopedia.

4. Curigai jika ada pungutan

Tokopedia tidak pernah memungut biaya apa pun selama proses rekrutmen. “Hati-hati jika ada pihak yang mengatasnamakan Tokopedia dan meminta biaya saat proses perekrutan. Proses rekrutmen di Tokopedia 100 persen gratis,” kata Lita.

5. Penawaran gaji pasti lewat email resmi

Lita menegaskan Tokopedia tidak pernah mencantumkan nominal gaji saat menawarkan pekerjaan, apalagi lewat pesan singkat. “Penawaran gaji hanya akan disampaikan saat kandidat lulus dari berbagai tahapan seleksi. Surat penawaran juga akan diberikan lewat email resmi dengan domain @tokopedia.com,” jelasnya.

Adapun jika kamu melihat atau menerima penawaran kerja yang mengatasnamakan Tokopedia namun mencurigakan, kamu dapat melaporkan melalui people.services@tokopedia.com.

(ruz)