Duh! Harga iPhone 14 Diprediksi Bakal Naik Jadi Lebih Mahal

Duh! Harga iPhone 14 Diprediksi Bakal Naik Jadi Lebih Mahal

Ilustrasi iPhone. (Ameen ALmayuf/Unsplash)

Jakarta, Batamnews - Beberapa analis memprediksi bahwa harga iPhone 14 akan jadi lebih mahal dibandingkan pendahulunya.

Dan Ives, analis dari Wedbush Securities, meyakini bahwa harga iPhone 14 akan naik hingga USD 100. Kenaikan harga ini juga diprediksi akan terjadi di semua lini, tidak hanya untuk varian Pro saja.

"Harga telah naik di seluruh rantai pasokan, dan Cupertino perlu membebankan biaya ini kepada konsumen pada rilis tahun ini," kata Ives, seperti dikutip dari Apple Insider, Senin (11/7/2022).

Perusahaan yang memproduksi berbagai komponen untuk ponsel memang menaikkan harganya karena berbagai alasan, seperti Samsung yang menaikkan harga produksi chip hingga 20%, begitu juga perusahaan semikonduktor lainnya.

Faktor lain seperti lockdown terkait Covid-19 juga menyebabkan banyak masalah untuk rantai pasokan Apple, yang membuat mitranya harus mengejar ketertinggalan produksi.

Analis Ben Wood dari CCS Insight juga menguatkan prediksi Ives. Wood mengkonfirmasi bahwa kenaikan harga untuk iPhone 14 bisa saja terjadi, tapi semuanya tergantung apakah Apple akan melakukannya.

"Tidak diragukan lagi bahwa biaya produksi dan komponen terus meningkat untuk semua produsen perangkat elektronik consumer, dan dalam kasus Inggris, nilai tukar juga merupakan faktor," kata Wood.

"Elemen-elemen ini akan mengindikasikan bahwa kenaikan harga mungkin diperlukan," sambungnya.

Jika Apple benar-benar menaikkan harga iPhone 14, harga untuk varian standarnya akan naik cukup signifikan. iPhone 13 dan iPhone 13 Pro masing-masing dijual dengan harga USD 799 dan USD 999, jadi kemungkinan iPhone 14 dan iPhone 14 Pro akan dibanderol USD 899 dan USD 1.099.

Tapi, mengingat Apple dirumorkan akan menghilangkan varian mini, iPhone 14 yang akan jadi model entry-level kemungkinan harganya akan tetap USD 799, mengindikasikan kenaikan harga USD 100 dari harga iPhone 13 mini yang sebesar USD 699.

(ruz)
Komentar Via Facebook :