Mantan PM Jepang Shinzo Abe Diduga Tertembak saat Kampanye

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Diduga Tertembak saat Kampanye

Mantan PM Jepang. Shinzo Abe. (Foto: Kyodo News via detikcom)

Nara - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe diduga tertembak saat dirinya berpidato dalam sebuah kampanye di Kota Nara pada Jumat (8/7/2022) pagi waktu setempat.

Abe yang berusia 67 tahun tak sadarkan diri dan mengalami pendarahan di leher, kata seorang sumber dari Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa kepada kantor berita Jiji.

Baik LDP maupun polisi setempat tidak dapat segera mengkonfirmasi laporan tersebut.

Tiga tembakan terdengar di acara tersebut setelah Abe memegangi dadanya dan pingsan, menurut koresponden CNA Jepang Michiyo Ishida. Saksi mata melaporkan melihat genangan darah.

NHK dan Kyodo sama-sama melaporkan Abe dibawa ke rumah sakit dan tampaknya mengalami henti napas - istilah yang digunakan di Jepang untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital, dan umumnya mendahului sertifikasi formal kematian oleh koroner.

Beberapa media mengatakan bahwa dia tampaknya ditembak dari belakang, kemungkinan dengan senapan.

Seorang pria telah ditangkap karena percobaan pembunuhan, media lokal melaporkan.

Pria itu tampaknya berusia 40-an dan sebuah senjata telah disita, kata penyiar publik NHK, mengutip sumber polisi. Polisi setempat tidak segera dapat berkomentar ketika dihubungi oleh AFP.

Abe, perdana menteri terlama di Jepang, menjabat pada tahun 2006 selama satu tahun dan sekali lagi dari 2012 hingga 2020.
 

(dod)