4 Manfaat Konsumsi Tomat Bagi Tubuh, Bantu Usir Galau!

4 Manfaat Konsumsi Tomat Bagi Tubuh, Bantu Usir Galau!

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Tomat punya beragam manfaat sehat untuk tubuh jika rutin dikonsumsi. Dipercaya dapat memperbaiki suasana hati hingga mengurangi risiko kulit rusak karena UVB.

Tomat merupakan buah yang dapat dinikmati dengan beragam cara. Bisa dinikmati mentah, dijadikan jus segar, hingga diolah menjadi masakan nikmat.

Buah berwarna merah ini diketahui mengandung nutrisi tinggi, seperti folat, vitamin C, dan potasium. Tomat juga diketahui mengandung likopen tinggi dengan kadar 30-200 mg/kg. Manfaat likopen tersebut dapat dirasakan manfaatnya setelah tomat dimasak.

Dilansir dari Eat This (30/6/2022), tomat menyimpan beragam manfaat sehat. Seperti menyehatkan kulit wajah hingga memperbaiki suasana hati.

Berikut 4 manfaat tomat yang dapat menyehatkan tubuh:

1. Mengurangi Risiko Kulit Rusak

Menurut ahli gizi Elena Paravantes, tomat mengandung karotenoid yang tinggi. Kandungan tersebut merupakan jenis antioksidan tertentu yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Hal ini disebutkan dalam sebuah studi pada tahun 2017 di Scientific Reports. Pihaknya menemukan bahwa konsumsi tomat secara teratur dapat mencegah kulitmu terkena sengatan matahari. Hal ini dapat mengurangi risiko tumor kulit yang diinduksi oleh UVB.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Perasaan galau dialami semua orang. Saat suasana hati memburuk, pasti kamu akan merasakan kesal hingga stres. Untuk memperbaiki suasana hati, bisa dengan mengonsumsi tomat.

Sebuah studi tahun 2013 dalam The Journal of Affective Disoders menemukan bahwa peserta yang makan tomat 2-4 kali dalam seminggu 46% lebih kecil mengalami gejala depresi. Sangat jauh perbandingannya jika dibandingkan dengan mereka yang makan tomat kurang dari seminggu sekali.

Paravantes mengungkapkan kalau kandungan zat antioksidan yang membantu seseorang dalam memperbaiki suasana hati. Termasuk zat likopen dalam tomat.

 

3. Memudahkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi merupakan mineral yang memainkan peran kunci dalam membuat hemoglobin dan mioglobin, protein yang membantu membawa oksigen ke otot dan organ tubuh. Untuk mendapatkan asupan zat besi lebih banyak, dapat mengonsusmi tomat secara teratur.

Ahli gizi Blanca Garcia merekomendasikan untuk menyantap tomat kalau ingin mendapatkan asupan zat besi yang banyak. Garcia juga menyebut kalau tomat memiliki vitamin C tinggi dengan kandungan 27% dari nilai harian yang direkomendasikan.

4. Sembuhkan Luka

Tomat diketahui mengandung vitamin C tinggi yang diperlukan untuk memproduksi kolagen. Dengan begitu dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat.

"Adanya asupan vitamin C yang stabil dapat membantu luka di tubuh sembuh lebih cepat, pulih dari operasi, dan ketika mengalami luka tekan karena terbaring di tempat tidur," ujar Garcia.

Faktanya, sebuah studi tahun 2016 terhadap pasien rumah sakit International Journal of Surgery menemukan bahwa ketika subjek mengonsumsi 1.000 miligram suplemen vitamin C, para pasien sembuh secara cepat. Bahkan bisa menyebuhkan luka yang parah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews