Klub di Sierra Leone Menang 95-0, Berapa Skor Terbesar di Dunia?

Klub di Sierra Leone Menang 95-0, Berapa Skor Terbesar di Dunia?

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Dunia sepak bola digemparkan dengan kemenangan 95-0 dan 91-1 yang terjadi di Liga Sierra Leone. Tapi itu bukan skor terbesar dalam sejarah sepak bola.

Gulf FC berhasil menang 91-1 atas Koquima Lebanon dan Lumbenbu United mengalahkan Kahuna Rangers dengan skor fantastis 95-0. Dua laga itu terjadi di Eastern Regional Super 10 League.

Asosiasi Sepak Bola Sierra Leone (SLFA) mengatakan sudah melakukan investigasi terkait dua hasil pertandingan tidak biasa itu. SLFA memastikan pemain dan ofisial yang terlibat dalam pengaturan skor akan mendapat hukuman berat.

"Sesuai dengan aturan FIFA dan CAF terhadap manipulasi pertandingan atau semacamnya, SLFA tidak akan toleransi terhadap insiden ini. Masalah tersebut akan diselidiki secara menyeluruh dan siapapun yang ditemukan bersalah akan menghadapi kekuatan hukum penuh," demikian pernyataan resmi SLFA.

Baca juga: Skor Gila Laga Sepak Bola di Sierra Leone hingga 95-0, SLFA Turun Tangan

Hasil 95-0 dan 91-1 merupakan salah satu skor terbesar dalam pertandingan resmi sepak bola. Namun angka itu masih jauh dari rekor kemenangan terbesar dalam sejarah sepak bola.

Rekor skor terbesar dalam sepak bola terjadi pada laga AS Adema vs SO l'Emyrne di Liga Madagascar. Pada pertandingan yang berlangsung di Antananarivo, 31 Oktober 2002, itu Adema menang 149-0 atas SO l'Emyrne.

Ketika itu para pemain SO l'Emyrne (SOE) sengaja mencetak gol bunuh diri sebanyak 149 kali sepanjang 90 menit laga. Para pemain SOE melakukan protes terhadap wasit setelah pada laga sebelumnya ditahan imbang DSA Antananarivo 2-2 dan kehilangan gelar juara liga.

Skor kemenangan 149-0 Adema atas SOE ketika itu mengalahkan rekor kemenangan 36-0 Arbroath saat mengalahkan Bon Accord di Piala Skotlandia pada 1885. Kemenangan 149-0 Adema juga diakui pihak The Guinness Book of Records.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews