Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat di Tiga Rumah Sakit Sebelum Berpulang

Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat di Tiga Rumah Sakit Sebelum Berpulang

Tjahjo Kumolo tutup usia (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Batamnews - Keluarga mengungkap kondisi Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo sebelum meninggal dunia. Menurutnya, Tjahjo sempat dirawat di tiga rumah sakit berbeda dengan penyakit yang sudah kompleks.

"Bapak kemarin sempat sakit, ada infeksi di perut terus menjalar ke paru, ke ginjal, ke liver dan sudah pakai bantu alat pernafasan. Alat bantu paru, jantung, cuci darah segala macam," ujar Menantu Tjahjo Kumolo, Detri Warmanto, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

"Kondisi stabil ya harus pakai alat, jadi dokter semaksimal mungkin. Ada tiga rumah sakit, Abdi Waluyo, Harapan Kita, sama RSPAD," sambungnya.

Detri pun mengenang sosok Tjahjo semasa hidupnya. Dia menyebut Tjahjo mendedikasikan dirinya untuk NKRI.

Baca juga: Jokowi: Tjahjo Kumolo Berpulang di Puncak Pengabdiannya kepada Negara

"Bapak sempat ada ucapan saya ini pertama milik keluarga, kedua milik negara. Bapak bilang, jadi bapak pernah mengucap bahwa saya ingin akhir hayat saya sebagai berperan dalam membela negara, apapun itu sebagai menteri kah sebagai apapun itu, intinya untuk bangsa Indonesia," katanya.

"Jadi bapak bilang saya ini milik negara untuk bisa bermanfaat bagi seluruh umat manusia di Indonesia," imbuhnya.

Seperti diketahui Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sebelumnya juga dia sempat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Lebih lanjut, Detri menyampaikan permohonan maafnya atas nama Tjahjo. Dia meminta maaf jika semasa hidupnya, mendiang mempunyai salah.

"Makasih sebelumnya, mohon maaf kalau bapak ada salah atau khilaf, kami keluarga mengucapkan sangat terima kasih atas kehadiran saudara-saudara semua," pungkasnya.

(ruz)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait