Terbalik di Perairan Bintan, 1 ABK KM Pasifik Belum Ditemukan

Terbalik di Perairan Bintan, 1 ABK KM Pasifik Belum Ditemukan

Tim SAR melakukan operasi pencarian awak KM Pasifik yang terbalik di perairan Pulau Mapur, Bintan. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - KM Pasifik GT 28 berawak sebanyak 8 orang terbalik di perairan Pulau Mapur, Bintan, Kepulauan Riau. Dari 8 awak, 7 orang dikabarkan selamat dan 1 orang disebutkan hilang.

Kapal tersebut diketahui berasal dari Karimun dan mengalami kecelakaan pada Kamis (30/6/2022).

Dari laporan Basarnas Kepri, informasi awal yang diterima berawal dari laporan Kasat Polairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir.

"Setelah mendapat informasi dan memastikan, selanjutkan kami teruskan ke Basarnas setempat," kata Binsar, Jumat (1/7/2022).

Setelah itu, Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang dari Basarnas menuju lokasi kejadian yang juga dibantu dari pihak TNI AL, Polairud Polda Kepri dan Polres Bintan, serta nelayan setempat.

Baca: Kapal Jaring Ikan Terbalik di Pulau Mapur Bintan, 1 Kru Hilang

Kepala Seksi Ops dan Kesiapsiagaan Basarnas Tanjungpinang, A Effendy Purba, menyebutkan bahwa kapal nelayan asal Tanjungbalai Karimun tersebut terbalik diterjang oleh gelombang.

"Kapal berlayar dari Tanjungbalai Karimun, saat melaut KM Pasifik diterjang oleh angin sehingga kapal terbalik," kata Effendy.

Disebutkan juga bahwa, ada 7 orang awak kapal yang dinyatakan selamat, sementara 1 awak kapal masih dalam pencarian.

"Kondisi kapal terbalik dan sedang proses evakuasi. Kru kapal 7 orang selamat dan 1 orang masih dalam proses pencarian," ujarnya.

Hingga update terakhir, seorang awak kapal yang hilang tersebut diketahui belum ditemukan, dan masih dalam pencarian.

"Sejauh ini, tim di lokasi yang turunkan belum menemukan nelayan yang hilang tersebut. Belum ada tanda-tanda," ujar Effendy.

(aha)