5 Cara Agar Ibu Hamil Terhindar dari Tanda Guratan

5 Cara Agar Ibu Hamil Terhindar dari Tanda Guratan

Ilustrasi stretch marks. (Foto: Balitapedia)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Stretch Marks (striae gravidarium) sering muncul pada wanita hamil, hal ini disebabkan oleh kulit yang meregang karena naiknya berat badan.

Biasanya 75 persen hingga 90 persen wanita hamil akan mengalami Stretch Marks. Ciri-ciri yang timbul seperti garis-garis berwarna merah muda atau merah yang biasa muncul pada bagian perut, payudara, pinggul, atau paha.

Terkadang stretch marks tidak muncul selama masa kehamilan, dan baru tampak beberapa minggu menjelang persalinan.

Stretch marks biasanya bersifat permanen, namun biasa memudar menjadi garis-garis berwarna keperakan beberapa waktu setelah persalinan.

Wanita yang berusia lebih muda ketika hamil biasanya lebih rentan terhadap stretch marks daripada wanita yang berusia lebih tua.

Stretch marks bisa di cegah dengan menjaga kebiasaan baik tentang nutrisi dan olahraga selama kehamilan, cara alami tersebut biasanya lebih efektif.

Berikut beberapa cara alami pencegahannya :

1. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E untuk menjaga kulit tetap sehat, misalnya sayuran dan buah-buahan.

2. Jagalah asupan makanan yang masuk ke tubuh supaya kita tidak mengalami kenaikan berat badan yang terlalu banyak. Kurangi konsumsi lemak dan gula untuk mencegahnya. Kenaikan berat badan yang ideal bagi wanita hamil adalah sekitar 12 kg hingga 15 kg. Kenaikan berat badan berlebih dapat membuat peregangan kulit lebih parah sehingga dapat menyebabkan munculnya stretch marks.

3. Minumlah cukup air putih, minimal 8 gelas sehari. Cukup minum air putih dapat menjaga elastisitas kulit sehingga diharapkan mengurangi kemungkinan timbulnyan stretch marks pada masa kehamilan.

4. Melakukan olahraga ringan secara teratur dapat membuat tubuh lebih bugar dan mengurangi kemungkinan munculnya stretch marks secara tidak langsung.

5. Pijat / reflexology dan relaksasi juga dipercaya memiliki pengaruh terhadap kemungkinan timbulnya stretch marks.

Selain itu, lidah buaya, kentang, lemon, minyak almond dan gula bisa digunakan sebagai obat-obatan alami. Bahan-bahan tersebut mudah didapat, lebih aman, dan tentunya lebih murah.

Cara penggunaannya dengan mengoleskan air lidah buaya, jeruk, atau kentang ke bagian yang terdapat stretch marks, tunggu hingga mengering selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain itu, bisa juga dengan mencampur 1 sendok makan gula dengan sedikit minyak almond dan air perasan lemon, kemudian oleskan di bagian kulit yang terkena stretch marks dan bilas setelah mengering.

Selain bahan-bahan tersebut, minyak zaitun juga merupakan terapi alami untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah stretch marks melebar.

Sumber : balitapedia.com

[is]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews