Jemaah Haji RI Diingatkan Tak Foto Bawa Spanduk di Depan Kabah, Bisa Ditangkap

Jemaah Haji RI Diingatkan Tak Foto Bawa Spanduk di Depan Kabah, Bisa Ditangkap

Ilustrasi.

Jakarta - Kondisi Masjidil Haram berangsur ramai seiring kedatangan jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Makkah sejak Minggu (12/6) malam. Total ada 100.051 jemaah Indonesia yang diperkenankan haji tahun ini.

Konjen RI di Jeddah Eko Hartono mengingatkan agar jemaah haji yang ibadah di Masjidil Haram tidak berfoto dengan menunjukkan identitas diri atau kelompok seperti spanduk.

"Ada beberapa pengetatan di Saudi misal di Masjidil Haram tidak boleh ada foto-foto apalagi bawa identitas diri dan kelompok," ucap Eko Hartono di Makkah dikutip kumparan, Selasa (14/6)/2022.

Foto selfie masih diperbolehkan sebab jemaah tidak dilarang membawa telepon seluler ke Masjidil Haram. Yang dilarang adalah foto beramai-ramai yang bisa jadi merusak nilai ibadah di Masjidil Haram.

"Bawa identitas seragam atau spanduk dan sebagainya itu dilarang. Itu yang harus diedukasi ke mereka (jemaah haji)," ujarnya.

Eko mengungkap pernah ada kejadian jemaah umrah Indonesia yang terpaksa diamankan petugas Saudi karena membawa spanduk kelompok umrah lalu berfoto.

"Saudi semakin ketat. Sanksi yang diberika ya selama ini mereka akan ditarik dan dikurung. Ini akan kita hindari jangan sampai berurusan dengan pihak berwajib," tuturnya.

"Waktu umrah ada yang dikurung seminggu lebih karena sudah diperingatkan tetap melanggar. Meski tak sampai dipenjara lama," imbuh Eko.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews