Terungkap Sumber Api Penyebab Kebakaran KLM Bintang Surya

Terungkap Sumber Api Penyebab Kebakaran KLM Bintang Surya

Bakamla RI memadamkan kapal layar motor (KLM) Bintang Surya yang terbakar di Perairan Karimun, Selat Malaka, Riau. (Foto: dok. Istimewa)

Karimun, Batamnews - Kapal kayu KLM Bintang Surya ludes terbakar dan tenggelam Perairan Nipah, Karimun, Kepulauan Riau, Minggu (12/6/2022).

Api diduga berasal dari bagian palka kapal dan menyambar barang bawaan berupa drum plastik dan juga asbes.

Baca juga: Kapten KM Bintang Surya Korban Meninggal Kebakaran Kapal

Dari keterangan yang didapat oleh petugas, api dengan cepat membakar bagian kapal hingga menyisakan puing yang akhirnya tenggelam ke dasar laut.

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Joko Santoso mengatakan, dugaan kebakaran itu dipacu dari api yang berasal dari bagian palka hingga akhirnya menghanguskan kapal.

"Api berasal dari palka, karena membawa barang-barang yang mudah terbakar, api dengan cepat membesar," kata Joko.

Baca juga: Danlanal Karimun: KM Bintang Surya yang Terbakar Bawa Barang dari Singapura

KLM Bintang Surya berlayar dari Singapura dengan tujuan Tanjungbalai Karimun. Kapal ini membawa barang-barang yang mudah terbakar seperti asbes dan drum plastik. "Kapal dari Jurong hendak ke Tanjungbalai Karimun," ujar Joko.

Nakhoda kapal bernama Abdul Jamal dinyatakan meninggal dunia kejadian itu. Petugas sudah mengevakuasi ABK dan menyerahkan jenazah korban ke pihak keluarga yang berada di Kecamatan Tanjungbatu, Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews