Arkeolog Temukan Harta Karun dari Ratusan Mumi Mesir 500 Tahun Sebelum Masehi

Arkeolog Temukan Harta Karun dari Ratusan Mumi Mesir 500 Tahun Sebelum Masehi

Sarkofagus dari sekitar 2.500 tahun lalu ditemukan di Saccara, Mesir. (Mohamed Abd El Ghany/Reuters)

Batam - Para arkeolog yang bertugas di dekat Kairo menemukan ratusan peti mati Mesir kuno dan sejumlah patung perunggu dewa-dewa.

Penemuan ini ditemukan di sebuah pemakaman di Saqqara. Patung perunggu yang ditemukan di antaranya patung dewa Anubis, Amun, Osiris, Isis, Min, Nefertum, Bastet, dan Hathor. 

Selain itu ditemukan juga patung tanpa kepala arsitek Imhotep, yang membangun piramida Saqqara. Demikian disampaikan Kementerian Pariwisata dan Barang Antik Mesir pada Senin, seperti dilansir Reuters.

Kementerian menyampaikan, para arkeolog menemukan 250 peti mati, 150 patung perunggu, dan benda lainnya, yang berasal dari Periode Akhir Mesir Kuno, sekitar 500 Sebelum Masehi (SM).

Ditemukan juga satu instrumen musik yang disebut sistrum dan koleksi kapal perunggu yang digunakan dalam ritual untuk menyembah dewi Isis.

Peti mati kayu yang dicat tersebut ditemukan utuh di liang pemakaman dan berisi mumi, jimat, dan kotak-kotak kayu. Patung kayu Nephthys dan Isis dari periode lebih awal juga ditemukan, dengan wajah yang disepuh.

Satu peti berisi papirus bertuliskan huruf hieroglif yang diawetkan, kemungkinan berisi ayat-ayat Kitab Orang Mati. 

Sekjen Dewan Tertinggi Barang Antik, Mostafa Waziri mengatakan papirus ini dikirim ke laboratorium Museum Mesir di Kairo untuk diteliti. Koleksi kosmetik juga ditemukan, termasuk kotak celak, juga gelang dan anting.

Peti-peti tersebut akan dikirim untuk ditampilkan di Grand Egyptian Museum yang sedang dalam pembangunan di dekat Piramida Giza dan akan dibuka tahun ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews