Tugas Baru dari Jokowi untuk Menteri Luhut: Ikut Tangani Minyak Goreng

Tugas Baru dari Jokowi untuk Menteri Luhut: Ikut Tangani Minyak Goreng

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: ist/batamnews)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendapat mandat baru dari Presiden Jokowi untuk menangani minyak goreng di Indonesia. Hal ini dikonfirmasi oleh Jubir Kemenko Marves, Jodi Mahardi.

“Pak Menko Maritim dan Investasi diminta presiden untuk membantu memastikan ketersediaan dan distribusi minyak goreng sesuai target, di daerah Jawa Bali,” kata Jodi dilansir kumparan, Selasa (24/5/2022).

Jodi menjelaskan, dalam melaksanakan tugas tersebut juga melibatkan lintas kementerian. Selain Kemenko Marves juga ada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan hingga Kementerian Keuangan.

“Dalam melaksanakan tugas tersebut Pemerintah harus saling berkoordinasi, dengan Kemenko Perekonomian sebagai lead koordinatornya dan melibatkan Kementerian/lembaga teknis di antaranya Kemendag, Kemenperin, Kemenkeu serta Satgas Pangan, BPKP, Kejagung untuk pengawasannya,” jelas dia.

Dia mengatakan pemerintah akan mengawasi secara ketat kebijakan pasca larangan ekspor CPO dicabut, dan akan terus melakukan paralel meeting terkait hal itu.

“Pemerintah akan menggunakan aplikasi digital untuk dalam melaksanakan kebijakan ini. Targetnya adalah minyak goreng curah dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah terdistribusi secara merata dan sebanyak mungkin,” pungkas dia.

Selanjutnya....

Menteri Segala Urusan

Rekam jejak Luhut dalam mengatasi berbagai polemik di dalam negeri cukup banyak. Tak jarang Purnawirawan Jenderal TNI itu diberikan tugas khusus dari Presiden Jokowi. Ketika pandemi COVID-19 tahun lalu, Luhut dipercaya Presiden sebagai koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali.

Sebelumnya, Luhut juga dipercaya sebagai Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). 

Dia bertugas sebagai wakil bersama rekan menteri lainnya seperti Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Tak hanya urusan COVID-19, Luhut juga dipercaya Presiden untuk menangani masalah danau. Tahun lalu luhut dipercaya menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Penyelamat 15 Danau Prioritas Nasional.

Terbaru, Luhut ditunjuk Jokowi sebagai Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional. Penugasan itu ditetapkan melalui Perpres 53 Tahun 2022.

Dalam perpres tersebut, disebutkan soal tugas dari Luhut sebagai Ketua Dewan SDA Nasional. Tugasnya yakni menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews