Nova Eliza Protes Gelar Teuku Ganjar Pranowo oleh Tokoh Adat Aceh

Nova Eliza Protes Gelar Teuku Ganjar Pranowo oleh Tokoh Adat Aceh

Nova Eliza. (Foto: ist)

Jakarta - Bulan lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dianugerahi gelar kehormatan Teuku. Gelar yang diberikan oleh masyarakat Aceh ini ditandai dengan penyematan kepiah mekeutob dan rencong kepada Ganjar yang dalam adat Aceh dinamakan ritual peusijuek.

Adapun pemberian gelar ini dilakukan di rumah Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Prof. Dr. Herman Fithra. Pemberian gelar dipimpin oleh Ketua Majelis Adat Aceh Kota Lhokseumawe M Jalil Hasan.

Baca juga: Soal 'Ganteng Tak Bisa Kerja', Puan Dinilai Sindir Ganjar-Anies-AHY-Sandi

Namun hal itu diprotes oleh Nova Eliza sebagai artis keturunan Aceh. Ia menyebut gelar itu seharusnya diberikan kepada orang yang memiliki garis keturunan Aceh.

"Saya pribadi sebagai orang Aceh menolak keras pemberian 'Teuku' kepada siapapun kecuali ada garis keturunan," kata Nova Eliza di Instagram.

"Apa bapak ada keturunan bangsawan Aceh sampai mendapat gelar Teuku? Apa ayahanda dari pak Ganjar mempunyai gelar Teuku?" ujarnya lagi.

Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Prof. Dr. Herman Fithra menegaskan pemberian gelar Teuku kepada Ganjar telah melalui proses rembuk sebelumnya.

"Kami dengan beliau Ketua Majelis Adat Aceh Kota Lhokseumawe, kita berembuk memberi gelar kepada Bapak Ganjar, kita melihat sepak terjang beliau dalam membangun Indonesia khususnya Jawa Tengah," ujar Herman dalam keterangan tertulis, Minggu (10/4/2022).

Herman menilai Ganjar merupakan sosok pemimpin yang memiliki kedekatan dengan semua golongan tanpa memandang status sosial. Menurutnya, jarang ada tokoh bangsa yang seperti Ganjar.

"Yang saya rasa dan semua orang rasa, beliau sangat humble dan sangat dekat dengan semua lapisan tanpa melihat status sosial. Ini sebenarnya yang kita harapkan tokoh-tokoh bangsa punya karakter seperti ini," tutur Herman.

"Karena itu, kita sepakat memberikan gelar, Teuku Ganjar Pranowo," tandasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews