Penumpang Tujuan Batam Dominasi Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Domestik Karimun

Penumpang Tujuan Batam Dominasi Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Domestik Karimun

Penumpang memadati dermaga keberangkatan Pelabuhan Domestik Karimun, Sabtu (7/5/2022). (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Arus balik penumpang mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau membeludak meskipun belum mencapai puncaknya.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) kelas I Tanjungbalai Karimun merinci, tujuan keberangkatan penumpang diketahui adalah Kota Batam, Tanjungpinang, dan juga sejumlah daerah di Provinsi Riau.

Tingginya arus balik penumpang tersebut, telah terhitung sejak H+3 Lebaran atau hari Jumat (6/5/2022) kemarin. Tercatat ada sebanyak 2.705 penumpang yang turun dan sebanyak 3.149 penumpang yang berangkat di pelabuhan domestik Karimun.

"Kalau di pelabuhan domestik, lonjakan arus penumpang terjadi pada H+3 sudah terpantau ramai, hingga sampai hari ini masih tinggi," kata Kabid Lalulintas Angkutan Laut KSOP Tanjungbalai Karimun, Capt. Heru Maryanto, Sabtu (7/5/2022).

Disebutkan juga bahwa, kondisi tersebut juga akan terjadi pada esok hari, Minggu (8/5/2022) mengingat aktivitas sekolah dan perkantoran akan kembali normal pada Senin depan (9/5/2022).

"Kalau besok, diperkirakan masih tinggi untuk penumpang dengan tujuan luar provinsi," ucapnya.

Tidak hanya pelabuhan domestik, pelabuhan antar-pulau juga terjadi lonjakan penumpang yang cukup tinggi.

Ribuan orang berlalu lalang setiap harinya, baik yang berangkat ke pulau maupun yang datang dari pulau.

"Antar-pulau meningkat juga, untuk hari biasa normalnya sekitar 800 penumpang. Untuk saat sekarang ini mencapai 2.000-an orang, baik itu yang datang maupun yang berangkat," ujarnya.

Dari data KSOP kelas I Tanjungbalai Karimun hingga Jumat kemarin, total penumpang yang berlalu lalang di semua pelabuhan sejak 17 April hingga 6 Mei 2022, sudah mencapai 201.469 orang.

(aha)
Komentar Via Facebook :