RI Temukan Kasus Hepatitis Akut, Ini Cara Cegahnya

RI Temukan Kasus Hepatitis Akut, Ini Cara Cegahnya

Mata kuning, salah satu gejala Hepatitis.

Batam - Indonesia menemukan kasus meninggal karena hepatitis misterius. Kecurigaan tersebut terjadi sejak 15 April 2022, saat ada informasi kasus tersebut menyebar di sejumlah negara.

Karena menyerang anak-anak, orang tua perlu waspada dengan penyakit ini. Dalam akun Instagram, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau masyarakat untuk tenang dan berhati-hati.

Ini cara mencegahnya, dikutip dari CNN Indonesia.

1. Mencuci Tangan

Salah satunya yang harus dilakukan adalah mencuci tangan. Kebiasaan yang harus dilanjutkan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia.

Sebab tangan merupakan tempat berbagai kuman penyakit. Yakni bisa berpindah ke bagian tubuh lain seperti mata, hidung, dan mulut.

2. Minum Air Bersih dan Matang

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan virus hepatitis E ditemukan pada air yang terkontaminasi. IDAI juga menyarankan untuk mengonsumsi air bersih dan matang.

Yakni meminum air yang telah dimasak hingga mendidih. Dengan begitu kuman mati dan air aman dikonsumsi.

3. Konsumsi Makanan Bersih dan Matang

Virus penyebab hepatitis juga bisa menular dari makanan yang tercemar virus. Bahkan menurut WHO, virus hepatitis A kebanyakan ditularkan dari mulut.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi feses dan orang yang terinfeksi bisa tertular penyakit hepatitis. Bukan hanya dari makanan, namun makan dengan tangan kotor juga bisa tertular.

4. Membuang Tinja atau Popok Sekali Pakai Pada Tempatnya

Wajib juga membuang tinja atau popok sekali pakai. Dengan begitu menjaga lingkungan tidak tercemar feses dan urine. Disebutkan virus karena hepatitis dapat menular lewat kontak dengan feses dan urine dari orang terinfeksi.

5. Menggunakan Alat Makan Sendiri

Jangan lupa pula untuk menggunakan alat makan sendiri bagi anak. Sebab hepatitis bisa menular lewat mulur dari orang yang terinfeksi dan lupa mencuci tangan dari toilet dan menggunakan alat makan orang lain.

6. Memakai Masker dan Menjaga Jarak

Kebiasaan protokol kesehatan itu juga harus diterapkan. Sebab ahli mencurigai hepatitis akut berkaitan dengan Covid-19. IDAI juga mendorong orang tua memperketat penggunaan memakai masker dan menjaga jarak.

(fox)