Judi Berkedok Gelanggang Permainan

[Lipsus] Gelper Menjamur Lagi di Batam, Kini Merambah Kawasan Pemukiman Penduduk (1)

[Lipsus] Gelper Menjamur Lagi di Batam, Kini Merambah Kawasan Pemukiman Penduduk (1)

Salah satu arena gelper yang pernah digerebek polisi di kawasan Batuaji, Batam. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID - Di depan sebuah ruko di Komplek Harbour Bay, Batam, Sabtu (14/11/2015) lalu, tiga orang pria berbadan tinggi besar dan tegap duduk. Ada juga yang mondar-mandir. Tidak ada senyum di muka mereka. Mereka memandang tajam kepada setiap pengendara yang lewat. Sepertinya tiga orang itu sengaja memasang tampang sangar.

Mereka memang penjaga pintu di ruko yang berisi gelanggang permainan (gelper).

Di depan ruko itu parkir puluhan sepeda motor dan mobil. Di kiri kanan pintu masuk, terdapat alat permainan anak-anak. Sementara di bagian dalam, ratusan orang sibuk bermain di mesin-mesin.

Anehnya, tidak ada satupun anak-anak di dalam ruangan tersebut. Yang ada hanya orang dewasa. Dan alat untuk permainan anak-anak juga tidak terdapat di dalamnya. Yang terpajang di sebelah pintu sepertinya memang cuma pajangan saja.

Ada juga di gelper Golden Game 21 yang terletak di kawasan Lubuk Baja, Nagoya, Batam setiap hari ramai dikunjungi pemain. Arena gelper tersebut dipadati orang yang datang bermain, di dekat pintu masuk dijaga oleh beberapa orang yang berbadan tegap.

Di dalam arena tersebut terlihat orang tangah asyik bermain. Satu meja ada yang diisi delapan orang dan ada juga yang enam orang.

"Orang main ramai setiap harinya," ujar pedagang yang berjualan di dekat arena gelper tersebut.

Ia mengatakan, kemaren sempat tutup, tapi sebentar saja. Kalau sekarang rata-rata udah buka kembali semuanya.

Game-game yang dimainkan di arena gelper tersebut memakai koin kecil. Ada beberapa macam jenis mesin. Yang cukup mencolok adalah permainan ikan-ikan. Dalam satu meja terdapat enam hingga delapan orang yang bermain.

Permainan meja tersebut terlihat memainkan permainan ikan-ikan yang ditembak. Siapa yang berhasil menghancurkan ikan besar yang melintas akan menjadi pemenang dan mendapatkan koin.

"Mainnya gampang mas, kita cukup menembak ikan-ikan besar yang melintas di layar," ujar salah seorang penjaga.

Ia menjelaskan, harga satu koin seribu rupiah. Kalau mau memulai main paling tidak membeli 100 koin agar bisa bertahan, kalau beruntung bisa menang.

Di atas meja disediakan lobang untuk koin, sejumlah koin dimasukkan sebanyak-banyaknya untuk menambahkan jumlah tembakan peluru.

Kemudian, bagi pemain yang akan berhenti bermain tinggal mengumpulkan jumlah koin yang terkumpul dan menukarkannya pada kasir atau di tempat yang sudah ditentukan.

Beberapa bulan belakangan ini, arena gelper yang dalam setahun lalu ditertibkan pihak kepolisian Polda Kepri karena berbau judi, sudah ramai dibuka lagi. Dulu namanya arena ketangkasan elektronik.

Hal itu terlihat di seputaran Nagoya, Harbour Bay, kawasan Jodoh, dan Windsor. Tak hanya di kawasan bisnis dan jasa itu, Gelper kini sudah masuk ke kawasan pemukiman seperti Sagulung dan Batuaji.

(tim)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews