Dua Kapal Cepat Dikerahkan Layani Mudik Lebaran Batam-Lingga

Dua Kapal Cepat Dikerahkan Layani Mudik Lebaran Batam-Lingga

Kapal feri MV Puteri Anggraini 01 (Foto: Ist)

Lingga, Batamnews - Dua kapal cepat cadangan dikerahkan untuk melayani penumpang dari Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam tujuan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Junaidi mengatakan, biasanya hanya satu kapal yang melayani rute pelayaran dari Batam menuju berbagai pulau di Lingga. Pelayaran pun hanya dilakukan pada saat tanggal genap.

Namun menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah, pelayaran dilakukan setiap hari sesuai jadwal. Dua kapal cepat cadangan juga dikerahkan karena terjadi lonjakan penumpang.

"Dua kapal cepat cadangan yang dikerahkan itu MV Anggraini dengan kapasitas 359 penumpang dan Kapal Oceana dengan kapasitas 300 penumpang," ucap Junaidi, Jumat (29/4/2022) dilansir Antara.

Baca juga: Pemudik Ngamuk di Pelabuhan Roro Punggur Tak Terakomodir

Sementara untuk rute pelayaran Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kota Tanjungpinang menuju berbagai dermaga di Lingga, kapal yang disediakan tetap tiga unit yakni MV Lintas Kepri, MV Ocean Dragon, dan MV Gembira.

Sejauh ini, kata dia, ketiga kapal itu cukup melayani penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura ke Lingga.

"Sejauh ini masih terkendali," ucapnya.

Pemerintah juga menyiapkan opsi lain dalam mengambil kebijakan, terutama dalam mengatasi lonjakan penumpang. Kapal cepat cadangan lainnya akan dikerahkan seandainya dibutuhkan.

"Kapal cepat kita masih banyak. Posisinya sekarang standby. Kapal ini akan berlayar jika dibutuhkan," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews