Layanan Puskesmas di Batam Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran

Layanan Puskesmas di Batam Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Puskesmas di Kota Batam, Kepulauan Riau selama libur Lebaran akan tetap beroperasi selama 24 jam. Hal ini untuk menjamin layanan kesehatan masyarakat selama lebaran. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan pelayanan puskesmas yang memiliki unit gawat darurat (UGD) juga tetap beroperasi.

“UGD tetap buka, tidak ada yang tutup,” ujar Didi, Jumat (29/4/2022). 

Didi menjelaskan, selama libur lebaran Puskesmas hanya membuka UGD, untuk efisiensi sumber daya manusia (SDM). Walaupun begitu, unit tersebut tetap melayani pasien yang sakit biasa. 

“Semua bisa berobat ke UGD. Nanti di setiap Puskesmas kita stand by-kan minimal petugasnya," katanya. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sei Panas Anggrainie Nawang Wulan menyampaikan hal serupa. Pihaknya sudah menysun jadwal piket para tenaga kesehatan (nakes) selama libur lebaran. 

"Petugas tetap siaga. Kita tetap buka 24 jam sesuai arahan pimpinan," ujarnya. 

Ia menjelaskan, jadwal para nakes yang bertugas sudah diatur dengan baik. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ketika ingin berobat. Jadwal piket nakes akan dibagi tiga shift.

"Kita buka yang IGD, semua pelayanan dilayani. Nanti tim medis akan ganti-gantian saat bertugas," katanya.

Mengenai ketersedian obat, pihaknya memastikan jumlah obat masih aman. Namun selama lebaran, ia berpesan agar masyarakat tidak kalap mengonsumsi makanan, agar pencernaan lancar.

"Obat aman. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Yang kita imbau ini warga jangan sampai kalap lihat makanan, kalau bisa dibatasi," ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews