Pemudik Membeludak di Bandara Hang Nadim Batam

Pemudik Membeludak di Bandara Hang Nadim Batam

Calon penumpang mengantre di loket check in maskapai, di Bandara Hang Nadim, Kamis (28/4/). (Foto: Ian/batamnews)

Batam, Batamnews - Arus mudik lebaran, khususnya keberangkatan penumpang dari Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mulai meningkat sejak beberapa hari lalu, tepatnya sepekan sebelum hari raya Idulfitri.

Tak hanya pengguna moda transportasi laut, warga yang memanfaatkan pesawat udara melalui Bandara Hang Nadim untuk mudik ke kampung halaman juga membeludak,

Dari pantauan di bandara, ramai penumpang berdatangan untuk eksodus ke kampung halaman. Ada yang ke provinsi tetangga; Riau, Pulau Jawa hingga di wilayah Indonesia bagian timur.

General Manager Bandara Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono mengaku jika kepadatan arus mudik lebaran 2022 sudah mulai terlihat sejak beberapa hari lalu.

Peningkatannya diperkirakan membeludak sekira H-3 lebaran. Bahkan peningkatan diprediksi total mencapai 13.000 penumpang.

"Merujuk pada masa dimana tidak ada batasan untuk keberangkatan, ini bisa mencapai belasan ribu penumpang. Kira-kira bisa 13.000 penumpang," katanya, Kamis (28/4/2022).

Tertanggal 25 April lalu, data penumpang di Bandara Hang Nadim total ada 11.546. Kedatangan 4.790 dan keberangkatan 6.756.

Sementara di 26 April ada penurunan ketimbang hari sebelumnya, yakni total 11.531 penumpang. Dimana untuk kedatangan ada 3.847 dan keberangkatan 6.684. 

Otoritas Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau menambah frekuensi penerbangan atau extra flight menyikapi arus mudik lebaran tahun ini.

Extra flight ini akan diberlakukan mulai hari ini tanggal 25 April sampai 1 Mei 2022 mendatang. 

(jun)