Rawan Kecelakaan Laut, Basarnas Natuna Tempatkan Pos SAR di Pulau Serasan

Rawan Kecelakaan Laut, Basarnas Natuna Tempatkan Pos SAR di Pulau Serasan

Basarnas Natuna dan pihak Kecamatan Serasan. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna akan segera membentuk Pos Unit Siaga SAR baru di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna.

Kepala KKP Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel menyebut hal ini guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan Laka Laut, Kecamatan Serasan dan Serasan Timur.

“Kita menganggap penting dan perlu untuk pengembangan Pos Unit Siaga SAR sebagai bentuk peningkatan pelayanan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat,” ujar Mexi saat meninjau lokasi pembangunan Pos SAR tersebut, Sabtu (23/4/2022).

Mexi mengatakan gagasan penempatan Pos SAR mengingat jarak tempuh yang jauh dari Kantor SAR Natuna apabila terjadi musibah di Pulau Serasan.

Selain itu kata Mexi, Pulau Serasan saat ini juga memiliki Pos Lintas Batas Negara (PLBN), maka dinilai perlu dilakukan pengembangan Pos Unit Siaga SAR sebagai sarana pendukung PLBN.

“Kecamatan Serasan maupun Serasan Timur sendiri merupakan Kecamatan yang memiliki banyak pulau. Mayoritas penduduk setempat mata pencariannya ialah nelayan. Rentan akan terjadinya musibah kecelakaan laut. Terlebih juga ada pembangunan PLBN," sebutnya.

Mexi berharap, rencana pembangunan Pos Unit Siaga SAR di Pulau Serasan dapat dukungan dari semua pihak, baik dari Pemerintah Kecamatan setempat, TNI-Polri, maupun masyarakat. 

Camat Serasan, Rama menyambut baik rencana itu. Menurutnya, warga sangat membutuhkan kehadiran Basarnas di wilayahnya, guna membantu operasi SAR jika terjadi kecelakaan laut.

“Kami sangat bersyukur jika ada kehadiran Basarnas di wilayah kami. Sebagai Pemerintah Kecamatan, kami siap membantu upaya Basarnas dalam pembentukan pos," ujarnya.

(Yan)
Komentar Via Facebook :