Kominfo Pelajari Dugaan Pencurian Data Pribadi di Beberapa Aplikasi

Kominfo Pelajari Dugaan Pencurian Data Pribadi di Beberapa Aplikasi

ilustrasi

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mempelajari dugaan pemrosesan data pribadi secara tanpa hak yang dilakukan oleh beberapa aplikasi di Google Play Store.

Koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya akan dilakukan terkait upaya dan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sesuai ketentuan yang berlaku.

"Pihak Google telah mengambil tindakan terhadap aplikasi yang diduga melakukan pemrosesan data penggunanya secara tanpa hak," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi dalam pesannya, Jumat (22/4/2022).

Dilanjutkannya, aplikasi tersebut diwajibkan untuk menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh penggunanya di Google Play Store.

Ia juga mengatakan, Kementerian Kominfo meminta masyarakat untuk dapat memeriksa daftar aplikasi yang diduga mengambil data pribadi secara tanpa hak, dan melakukan langkah pengamanan.

"Antara lain seperti: Memutakhirkan sistem keamanan perangkat, Melakukan instalasi ulang terhadap aplikasi yang diduga memproses data pribadi secara tanpa hak jika aplikasi telah tampil kembali di Google Play Store dan menghapus fitur yang memproses data pribadi secara tanpa hak, dan Tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak berkepentingan," terang dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews