Jadi Syarat Mudik, 454 Ribu Warga Batam Malah Belum Vaksin Booster

Jadi Syarat Mudik, 454 Ribu Warga Batam Malah Belum Vaksin Booster

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Capaian vaksin booster di Kota Batam, Kepulauan Riau belum mencapai separuh dari total sasaran 789.45 orang.

Vaksinasi ketiga ini baru menjangkau 42,43 persen dari total sasaran atau sebanyak 334.977 orang, berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Dari angka tersebut, masih ada 454.474 warga Batam yang belum mendapatkan vaksin. 

Sedangkan realisasi vaksinasi dosis kedua di Kota Batam telah mencapai 823.820 orang atau 90,8 persen. Dengan begitu, masih ada 83.497 orang yang belum mendapatkan vaksin dosis kedua.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan Pemerintah Kota Batam menargetkan capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga hingga April 2022 bisa tercapai 50 persen. 

“Target kami bisa 50 persen, namun dengan data terakhir yang kami peroleh, kami yakin dapat tercapai,” ujar Didi, Sabtu (16/4/2022). 

Apalahi animo masyarakat Batam untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 terlihat semakin tinggi, setelah pemerintah mengumumkan bahwa vaksin booster menjadi salah satu syarat untuk mudik lebaran. 

"Setelah pemerintah pusat mewajibkan vaksin lengkap dan booster sebagai syarat perjalanan, animo masyarakat kota Batam untuk vaksinasi meningkat,” katanya.

Ia menyebutkan animo masyarakat yang tinggi itu terlihat ketika pelaksanaan vaksinasi di berbagai sentra vaksinasi yang ada, seperti di Grand Batam Mal, Mal Botania, One Batam Mal serta sentra lainnya. 

Melihat meningkatnya animo masyarakat itu pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Serta pihak swasta lainnya untuk mendukung vaksinasi booster bagi masyarakat kota Batam.

"Sentra atau gerai vaksin booster juga sudah kami siapkan di puskesmas, polsek, mal dan program mobile vaksinasi," katanya.

(ret)