Heboh Bakteri Salmonella, BPOM Setop Peredaran Kinder Joy

Heboh Bakteri Salmonella, BPOM Setop Peredaran Kinder Joy

BPOM RI menghentikan sementara peredaran produk Kinder. (ist)

Batam - Sejumlah negara Eropa menarik produk coklelat Kinder Surprise karena diduga memicu wabah Salmonella. Terkait hal tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) menanggapi dengan menarik produk merek Kinder yang terdaftar.

"Badan POM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella. Badan POM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku," tulis BPOM dalam keterangan resmi, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Singapura Tarik 3 Produk Cokelat Kinder karena Salmonella

Penarikan produk Kinder disebutkan untuk melindungi masyarakat dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian. BPOM juga akan melakukan random sampling dan pengujian di seluruh wilayah Indonesia terhadap produk merek Kinder yang terdaftar.

"Badan POM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku," tegasnya.

Lebih lanjut, BPOM menegaskan cokelat Kinder yang ditarik karena diduga memicu Salmonella di beberapa negara tidak terdaftar di BPOM. Produk tersebut yakni:

* Kinder Surprise dalam kemasan tunggal 20 gram dan kemasan isi 3 @20 gram

* Kinder Surprise kemasan 100 gram

* Kinder Mini Eggs kemasan 75 gram

Baca juga: 7 Tanaman Hias Indoor yang Bunuh Virus dan Bakteri di Udara

* Kinder Egg Hunt Kit kemasan 150 gram

* Kinder Schokobons kemasan 200 gram

"Produk merek Kinder yang terdaftar di Badan POM berasal dari India dengan nama varian produk antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD," beber BPOM.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews