7 Tanaman Hias Indoor yang Bunuh Virus dan Bakteri di Udara

7 Tanaman Hias Indoor yang Bunuh Virus dan Bakteri di Udara

Terdapat beberapa tanaman hias indoor yang membantu membunuh virus dan bakteri sehingga Anda memiliki kualitas udara yang lebih baik. (iStockphoto/FeelPic)

Batam, Batamnews - Selain menghidupkan ruang, merawat tanaman hias juga telah terbukti terapeutik karena memberikan kelegaan dari berbagai bentuk stres yang dirasakan selama pandemi.

Tak heran bila kemudian tanaman hias menjadi tren selama pandemi Covid-19.

Namun di balik itu, beberapa tanaman hias bahkan tidak hanya memiliki penampilan yang cantik, tapi juga bantu membunuh bakteri virus dan bakteri di udara.

Berdasarkan eksperimen NASA dari tahun 1989, tanaman hias dalam ruangan (indoor) bisa membantu menghilangkan polusi udara dalam ruangan, baik melalui daun maupun akar atau tanahnya

Berikut beberapa tanaman hias indoor yang membantu membunuh virus dan bakteri sehingga memiliki kualitas udara yang lebih baik, sebagaimana dilansir Metro Style.

1. Spider Plant

Spider plant dikenal sebagai air plants. Tanaman hias indoor yang satu ini akan terlihat cantik ketika di letakkan dalam pot gantung, terutama di ruang kerja.

Terkadang, spider plant menghasilkan bunga putih yang indah. Spider plant tidak mudah mati meski Anda lupa menyiramnya.

Tanaman hias indoor ini perlu disiram dua hingga tiga kali seminggu. Spider plant ramah untuk anak-anak dan hewan peliharaan sehingga cocok sebagai tanaman hias indoor.

2. Snake Plant

Snake plant tentu menjadi salah satu tanaman hias indoor terbaik. Dari sekian banyak tanaman hias indoor, snake plant dipercaya efektif menghilangkan polusi udara, menyerap CO2 pada malam hari, serta bisa melawan alergi.

Selain itu, snake plant mudah perawatannya dan memiliki bentuk yang menarik. Banyak manfaat snake plant jika diletakkan di dalam rumah.

3. Boston Fern

Boston fern juga menjadi tanaman hias indoor yang bantu membunuh virus dan bakteri dalam rumah. Tanaman hias pakis boston ini dianggap sebagai salah satu air-purifying atau pembersih udara terbaik.

Tanaman hias indoor tersebut tak hanya membantu membersihkan rumah dari virus tapi juga mampu meningkatkan kelembapan udara secara alami.

 

4. Bamboo Palm

Tanaman hias indoor lain yang membantu meningkatkan kualitas udara dalam rumah adalah bamboo palm. Tanaman hias indoor bamboo palm akan meningkatkan kelembapan yang dibutuhkan ke atmosfer dalam ruangan.

Tidak hanya itu, tanaman hias bamboo palm juga menempati peringkat teratas yang diklaim bisa menghilangkan benzena, trikloroetilen, dan formaldehida sehingga kualitas udara dalam rumah semakin baik.

5. Lili

Tanaman hias indoor lili tidak hanya bagus untuk mempercantik ruang, tapi juga memiliki kemampuan membunuh virus serta bakteri. Lili dikenal akan kemampuannya melawan gas beracun seperti formaldehida.

Kendati demikian, perlu berhati-hati jika punya anak balita dan hewan peliharaan. Tanaman ini sedikit beracun maka perlu selalu mencuci tangan setelah menyentuhnya.

6. Rubber Plant

Selain itu, ada pula rubber plant sebagai tanaman hias indoor yang tangguh. Rubber plant mampu hidup dalam cahaya redup dan suhu dingin sehingga bagus untuk di letakkan dalam ruangan.

Tanaman hias indoor ini mudah tumbuh dan dipercaya bisa membantu menghilangkan racun kimia dari udara, terutama formaldehida. Anda bisa meletakkan tanaman ini di ruang tamu, keluarga, atau ruang kerja.

7. Pothos

Tanaman hias pothos mendapatkan nilai tinggi dalam studi udara bersih dari NASA. Tanaman hias indoor tersebut bisa membantu membersihkan udara dari formaldehida, toluena, karbon monoksida, dan xilena.

Pothos juga bisa tumbuh merambat dan mentolerir cahaya redup meskipun akan kembali membuat daunnya menjadi hijau pekat.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews