Gubernur Ansar Proyeksikan Anambas Jadi Lumbung Ikan di Barat RI

Gubernur Ansar Proyeksikan Anambas Jadi Lumbung Ikan di Barat RI

Gubernur Ansar dan Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris menemui Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga di Jakarta, Rabu (5/4/2022)

Tanjungpinang, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad membawa Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menemui Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga di Jakarta, Rabu (5/4/2022) lalu.

Pertemuan itu dalam rangka memastikan pembangunan Pasar Loka dan Pasar Ikan di Kepulauan Anambas, agar bisa dilaksanakan pemerintah pusat.

"Saya dan pak Abdul Haris menyampaikan secara langsung surat permohonan kami untuk pembangunan pasar di Anambas, supaya pemerintah pusat tau kalau kami pemda sangat serius menginginkan adanya pembangunan infrastruktur di Anambas," ujar Gubernur Ansar dilansir dari laman resmi Pemprov Kepri.

Keseriusan Pemprov Kepri dan Pemkab Kepulauan Anambas untuk pembangunan pasar ikan ini bukan tanpa sebab. Potensi perikanan di Anambas yang memiliki bentang laut lepas dan dekat dengan Laut Cina Selatan sangat masif. 

Baca juga: Ansar Yakin Anambas Mampu Bersaing dengan Kota-Kota Indah di Eropa

Melansir data dari BPS, produksi perikanan tangkap menurut jenis komoditi di Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2021 mencapai 21.110 ton dengan akumulasi nilai sekitar Rp470 miliar. 

Karena itulah pembangunan pasar ikan di Anambas diyakini Gubernur Ansar akan semakin mengangkat nilai ekonomi perikanan dengan semakin lengkapnya infrastruktur pendukung. 

"Kita memproyeksikan Anambas bisa menjadi lumbung ikan di bagian barat Indonesia karena memang potensi perikanan sangat masif apabila dimaksimalkan secara serius," katanya. 

Tidak hanya kepada Menteri Perdagangan, surat yang dibawa Gubernur Ansar dan Abdul Haris juga ditujukan masing-masing pada Menteri PUPR dan Kepala Bappenas.

(ruz)