Daftar 10 dengan Paspor Terkuat di Dunia 2022, Indonesia Masuk?

Daftar 10 dengan Paspor Terkuat di Dunia 2022, Indonesia Masuk?

Ilustrasi

Luksemburg, Batamnews - Luksemburg merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Namun, siapa sangka bahwa Luksemburg menjadi negara pemegang paspor terkuat dunia.

Sebuah studi dilakukan oleh Nomad Passport Index 2022. Dan Luksemburg menduduki peringkat pertama. Luksemburg merupakan negara di Eropa yang berbatasan dengan Prancis. Luas negara ini 2.586 km persegi.

Nomad Passport Index 2022 sendiri diterbitkan oleh konsultan pajak dan imigrasi Nomad Capitalist. Mereka memberi peringkat pada 199 negara di dunia.

Baca juga: Permudah Layanan, Imigrasi Luncurkan M-Paspor di Karimun

Berbeda dengan banyak indeks peringkat paspor yang hanya berfokus pada perjalanan bebas visa, Nomad Passport Index 2022 juga mempertimbangkan sejumlah faktor lain.

Di antaranya, perpajakan, persepsi global terhadap negara tersebut, kemudahan mendapat kewarganegaraan ganda, serta kebebasan personal.

Dalam Nomad Passport Index 2022, sejumlah negara Eropa masih mendominasi posisi teratas paspor terkuat di dunia. Swedia berada di posisi kedua dan Irlandia di posisi ketiga.

Baca juga: Apes, Turis Australia Ini Gagal Liburan ke Bali Gara-gara Paspor Kotor

Sisanya ada Finlandia dan Swiss. Sementara itu, tiga peringkat terbawah, alias paspor yang paling lemah, adalah Afghanistan, Iraq, dan Yaman.

Sedangkan Indonesia mengisi peringkat ke-126. Dengan posisi itu, kekuatan paspor Indonesia setara dengan Uganda dan Tunisia.

Berikut adalah daftar 10 besar negara dengan paspor terkuat di dunia versi Nomad Passport Index 2022:

1. Luksemburg
2. Swedia
3. Irlandia
4. Belgia
5. Swiss
6. Finlandia
7. Portugal
8. Republik Ceko
9. Belanda
10. Singapura

(ruz)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait