Hujan Es Turun di Sagulung, Begini Penjelasan BMKG Batam

Hujan Es Turun di Sagulung, Begini Penjelasan BMKG Batam

Hujan es terjadi di Sagulung Batam. (ist/Batamnews)

Batam, Batamnews - Cuaca di Kota Batam, beberapa hari belakangan tak menentu. Hal itu menyebabkan beberapa anomali yang terjadi.

Pada Selasa (29/3/2022) sore ini, terjadi fenomena yang tak biasa; hujan es. Terjadi di Kecamatan Sagulung, Batam, sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Video: Fenomena Hujan Es Terjadi di Sagulung Kota Batam

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan, salah satu pemicu kuat terjadinya hujan es ialah gumpalan awal kumulonimbus yang sangat besar dan padat.

"Awan ini muncul karena adanya tekanan panas yang sangat tinggi menyebabkan awan kumulonimbus menggumpal sangat besar," katanya.

Biasanya, lanjut dia, awan tersebut memiliki bentuk yang berlapis-lapis seperti bunga kol. 

Di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi, yang akan cepat berubah warna menjadi abu - abu atau hitam.

Pergerakan massa udara naik yang cukup kuat dapat membawa uap air naik hingga mencapai ketinggian dimana suhu udara menjadi sangat dingin hingga uap air membeku menjadi partikel es.

Baca juga: Fenomena Alam Hujan Es Guyur Kuansing Riau

"Pada awan kumulonimbus ada beberapa proses pembentukan dan pertumbuhan, seperti adanya proses pergerakan massa udara naik dan turun yang sangat kuat," ujar Suratman.

Untuk diketahui, awan kumulonimbus adalah sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya. Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews