30 Ribu Warga Batam Harus Vaksinasi Covid-19 Ulang, Ini Sebabnya

30 Ribu Warga Batam Harus Vaksinasi Covid-19 Ulang, Ini Sebabnya

Ilustrasi vaksinasi warga Batam. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Sebanyak 30 ribu warga Kota Batam, Kepulauan Riau harus menjalani vaksin ulang karena kondisi drop out. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan vaksin drop out terjadi ketika masyarakat belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua terhitung lebih dari 6 bulan sejak dosis pertama. 

“Totalnya kurang lebih 30 ribuan orang harus vaksin ulang,” ujar Didi di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (24/3/2022). 

Dengan kebijakan terbaru dari Presiden RI, Joko Widodo bahwa vaksin booster menjadi syarat untuk mudik, Didi menyampaikan hal itu tentu bisa membuat masyarakat akan menjalani vaksinasi. Terutama bagi mereka yang harus vaksin ulang. 

“Tidak hanya mudik saja, syarat untuk naik pesawat harus vaksin dosis kedua, mau tidak mau ya harus vaksin,” kata dia. 

Mengenai persiapan menjelang syarat booster untuk mudik, Didi mengaku tidak ada persiapan yang berarti, hanya saja meminta stok vaksin diperbanyak. Karena permintaan untuk vaksinasi akan semakin meningkat dibanding biasanya. 

“Kalau tenaga kesehatan kan sudah siaga sejak lama untuk vaksinasi, paling hanya minta stok vaksin saja diperbanyak,” kata dia. 

Baru-baru ini, Kota Batam mendapat 25 ribu vaksin jenis Moderna. Didi mengimbau warga Batam yang belum vaksin kedua jenis Moderna, agar dapat ke sentra vaksinasi untuk penyuntikan vaksin. 

“Kalau jenis Moderna memang agak jarang,” katanya. 

Namun untuk booster ketiga, ia menjelaskan pemberian vaksin sudah heterolog, sehingga tidak harus menyesuaikan vaksin dosis pertama dan kedua. 

“Kemarin tersedia Pfizer, jadi kami berikan Pfizer untuk booster,” katanya. 

(ret)
Komentar Via Facebook :