Vladimir Putin Bakal Hadiri KTT G20 di Bali

Vladimir Putin Bakal Hadiri KTT G20 di Bali

Vladimir Putin/Foto: Getty Images via Mashed

Jakarta, Batamnews - Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan akan menghadiri KTT G20 yang diselenggarakan di Bali pada November 2022 mendatang. Hal ini diumumkan oleh Duta Besar Rusia di Jakarta Lyudmila Georgievna Vorobieva, Rabu (23/3/2022).

Vorobieva mengumumkan rencana kehadiran Putin di G20 seiring dengan desakan sejumlah negara untuk mengeluarkan Rusia, dari negara kelompok G20 sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

"Tidak hanya G20, banyak organisasi berusaha untuk mengusir Rusia. Reaksi Barat benar-benar tidak proporsional," kata duta besar Vorobieva dalam konferensi pers pada hari Rabu dikutip dari Reuters (23/3/2022).

Amerika Serikat dan para negara-negara sekutu Baratnya, juga sedang menilai apakah Rusia harus tetap berada dalam G20 atau tidak setelah serangannya ke Ukraina. Sanksi yang diberikan Rusia bertujuan mengisolasi negara yang dipimpin Putin tersebut dari ekonomi global.

Meski ada ancaman tersebut, namun Vorobieva mengatakan Rusia akan terus mendukung Presidensi Indonesia di G20 tahun ini.

Sebagai informasi, format G7 diperluas menjadi G8 termasuk Rusia selama periode hubungan yang lebih hangat pada awal 2000. Namun, Rusia diskors tanpa batas waktu dari kelompok tersebut setelah aneksasi Krimea pada 2014.

Sebelumnya, Polandia menyarankan pejabat perdagangan AS untuk menggantikan Rusia dalam kelompok G20. Sementara, sumber G7 mengatakan tak mungkin Indonesia, negara yang saat ini memimpin Presidensi G20, atau anggota seperti India, Brazil, Afrika Selatan, dan China akan setuju untuk mengeluarkan Rusia dari G20.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews