Joe Biden: Perang Dunia III Terjadi Jika AS Kirim Militer ke Ukraina

Joe Biden: Perang Dunia III Terjadi Jika AS Kirim Militer ke Ukraina

Presiden AS Joe Biden. (Foto: Axios)

Washington - Presiden Joe Biden mengecam seruan beberapa pihak di Amerika Serikat agar militer negara itu terlibat secara aktif dalam konflik di Ukraina.

Termasuk, seruan agar Washington mendukung 'zona larangan terbang' guna melindungi bekas negara Soviet dari serangan Rusia.

"Gagasan kami mengirim peralatan serangan, dengan pesawat, tank, dan kereta api dengan pilot dan kru AS ... itu disebut Perang Dunia 3, oke? Kami harus jelas tentang ini.

“Kami akan mempertahankan setiap inci wilayah Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), semua sudutnya termasuk negara-negara anggota yang berbatasan dengan Rusia.

“Memang kalau kita tanggapi, itu menjadi Perang Dunia 3, namun kita memiliki tugas suci untuk wilayah NATO…walaupun kita tidak akan berperang seperti Perang Dunia 3 di Ukraina,” katanya di Philadelphia, seperti dilansir Reuters, Sabtu (12/3/2022).

Sementara itu, Biden mengambil langkah baru dengan sekutu AS, kemarin, untuk menghukum Moskow secara ekonomi dengan menargetkan perdagangan dan menghentikan dana pembangunan.

Ia juga mengumumkan pembatasan impor makanan laut, vodka, dan berlian dari Rusia.

Dia mengatakan tindakan kolektif akan memberikan 'pukulan besar lainnya' terhadap ekonomi Rusia yang sedang dibebani oleh efek sanksi global.

Biden sekali lagi menyalahkan Presiden Rusia Vladimir Putin, menyusul krisis agresi terhadap Ukraina.

"Putin adalah agresor dan harus menerima konsekuensinya," kata Biden di Gedung Putih, mencatat bahwa dia telah melakukan percakapan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy sebelumnya.

Biden, bersama dengan para pemimpin G7 lainnya, menyerukan agar Rusia dilucuti dari status perdagangan 'paling disukai', yang akan memungkinkan negara-negara anggota kelompok itu untuk menaikkan tarif dan menetapkan kuota pada produk-produk Rusia.

Kongres AS perlu meloloskan undang-undang untuk menghapus status itu, dan anggota parlemen dilaporkan sudah mulai bergerak ke arah itu.

"Kami tetap bertekad untuk terus meminggirkan Rusia lebih jauh dari ekonomi kami serta sistem keuangan internasional," kata G7 dalam sebuah pernyataan.

Biden memperingatkan dengan tegas bahwa Moskow akan menerima 'konsekuensi berat' jika menggunakan senjata kimia dalam serangan ke Ukraina. 

(dod)